PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN OPERATING LEVERAGE TERHADAP EPS PADA PERUSAHAAN PROPERTY AND REAL ESTATE DI BEI

Lia Septiantika, Isharijadi Isharijadi, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh financial leverage dan operating leverage terhadap EPS. Penelitian dilakukan pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di BEI. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan Uji hipotesis t dan f. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat hipotesis (I) diketahui bahwa financial leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Earning Per Share (EPS). Pada hipotesis (II) variabel operating leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Earning Per Share (EPS). Berdasarkan hipotesis (III) hasil penelitian financial leverage dan operating leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Earning Per Share (EPS).

Full Text:

PDF

References


Aulia, Stevani Meiliana. 2013. Pengaruh Financial Leverage Terhadap EPS dan ROE Pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indoonesia. Universitas Mulawarman: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 1 (4): 374-383.

Fahmi, Raden Mohammad. 2014. Pengaruh Financial Leverage, Operating leverage, dan Total Aset Turn Over Terhadap Earning Per Share. Jurnal.um.palembang.ac.id

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan dan Pasar Modal. Jakarta: Wacana Mitra Media.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: UNDIP.

Hamid, Abdul dan Kusrina B. 2015. Pengaruh financial Leverage Terhadap return On Equity (Roe) Dan Earning Per Share (Eps) Pada Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Gunadarma: Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 19, No. 1. Juni 2015.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard. Jakarta: Bumi Aksara.

James T. McClave. dkk. 2010. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga.

Kumalasari, Rosita dan Widyawati Nurul. 2016. Pengaruh Operating Leverage dan Financial Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Telekomunikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 5, ISSN: 2461-0593.

Lestari, Yuni A dan Nuzula, Nila F. 2017. Analisis Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Putra, Ratmana Indo. 2013. Analisis Pengaruh Operating Leverage dan Financial Leverage Terhadap Earning Per Share (EPS) di Perusahaan Properti yang Terdaftar d BEI (2007-2011). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1, No. 1.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta:BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter