APAKAH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAPAT MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN?

Dhelvia Shelviany, Purweni Widhianningrum, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (yang terdiri dari dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dimensi lingkungan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan dimensi sosial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Investor memberikan respon positif pada nilai ekonomi yang didistribusikan langsung kepada investor.

Full Text:

PDF

References


Agustine, I. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Finesta, Vol. 2 No. 1 hal. 42-47.

Astuti, A.D. & Juwenah. (2017). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan yang Tergabung dalam LQ 45 Tahun 2012-2013. Journal Unshika, Vol. 2 No. 01 hal. 301-313.

Crisostomo, V.L., Freire, F.DS., & Vasconcellos, F.C.D. (2011). Corporate Social Responsibility, Firm Value and Financial Performance in Brazil. Social Responsibility Journal, Vol. 7 No. 2 hal. 295-309.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harmono. (2016). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, S. & Andriany, D. (2015). Pengantar CSR Sejarah, Pengertian, dan Praksis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hastuti, N. (2016). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 dan 2014). Jurnal Profita Edisi 7 Hal. 1-19.

Kurniawan, T., Sofyani, H., & Rahmawati, E. (2018). Pengungkapan Sustainability Report dan Nilai Perusahaan: Studi Empiris di Indonesia dan Singapura. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol.16 No. 1 hal. 1-20.

Latupono, S.S. & Andayani. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan: Good Corporate Governance Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 4 No. 8 hal. 1-15.

Leon, Y.A.B., Mahsina & Cholifah. (2016). Analisis Perhitungan Variabel-variabel Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan yang Menggunakan Metode Rasio Tobin’s Q. Jurnal Akuntansi UBHARA, Vol. 2 No. 1 hal. 72-88.

Pedoman pelaporan berkelanjutan Global Reporting Initiative (GRI). (2013). (www.globalreporting.org).

Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012.

Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor PER-02/MBU/7/2017 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/PJOK.3/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Putri, H.C.M. & Raharja, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 2 No. 3 hal. 1-15.

Rosiana, G.A.M.E., Juliarsa, G., & Sari, M.M.R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 5 No. 3 hal. 723-738.

Sari, N. A., Artinah, B. & Safriansyah. (2017). Sustainability Report dan Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Spread, Vol. 7 No. 1 hal. 21-30.

Solihin, I. (2015). Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Stacia, E. & Juniarti. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, Vol. 3 No. 2 hal. 81-90.

Suryani, I. & Fitria, A. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 3 No. 10 hal. 1-18.

Susanto, C.M. & Ardini, L. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5 No. 7 hal. 1-15.

Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Wardoyo & Veronica, T.M. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility & Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 4 No. 2 hal. 132-149.

William. (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Pedoman Global Reporting Initiative Terhadap Nilai Perusahaan. Tesis, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter