PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

Riski Swastika, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan, baik secara simultan atau parsial terhadap profitabilitas perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang ditentukan diperoleh sampel akhir sejumlah 90 perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. (2) pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (3) struktur modal dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.

Kata Kunci : struktur modal; pertumbuhan perusahaan; profitabilitas


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atmaja, L.S. (2008). Teori dan Praktik MANAJEMEN KEUANGAN. Yogyakarta: ANDI

Brigham, E.F dan Houston, J.F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmono. (2016). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta ; Bumi Aksara.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Buku Seru

Jumingan. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers

Kasmir. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan Untuk Manajemen NonKeuangan. Jakarta: Erlangga

Misbahuddin dan Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara

Munawir., H.,S. (2004). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. Yogyakarta: Liberty

Murwani, J dan Pujiati, O. 2016. Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Madiun, Magetan, Ngawi dan Ponorogo. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Vol 5 (2): 89-100.

Nurastuty, W. (2011). Teknologi Perbankan. Jakarta: Graha Ilmu

Pearce II, J.A dan Robinson, R.B .(2008). Manajemen Strategis-Formulasi, Implementasi & Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Prastowo D.,D, dan Juliaty.,R. (2002). Analisis Laporan Keuangan KONSEP DAN APLIKASI. Yogyakarta: AMP YKPN

Priyatno, D. (2013). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Riyanto, B. (2013). Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE

Rudianto. (2012). PENGANTAR AKUNTANSI. Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Safitri. (2015). Pengaruh Struktur Modal Dan Keputusan Investasi Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen, 4 (2),1-16.

Samryn. (2015). Pengantar Akuntansi Buku 2 Metode Akuntansi untuk Elemen Laporan Keuangan Diperkaya dengan Prespektif IFRS & Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saraswathi, IAA., Wiksuana, IGB.,dan Rahyuda, H. (2016). Pengaruh Risiko Bisnis, Pertumbuhan Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Serta Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN: 2337-3067 Hal. 1729-1756.

Siregar, S. (2011). Statistik Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Edisi Revisi 2011. Jakarta; Rajawali Pers.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudana, I.M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sudana, I.M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sudarmono (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan, Profitabilitas Perusahaan Terhadap Expected Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia. FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Hal. 1-9.

Sugiyono, A (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif,dan Kombinasi (Mixed Mthods). Bandung:ALFABETA

Sulistyowati, N.W., Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt Pelabuhan Indonesia Iii Surabaya. Assets: JurnalAkuntansi dan Pendidikan. Vol.4 No.2 Hal. 99-107

Suryanata, I.P.S., Suwendra, I.W., dan Yudiaatmaja, F. (2014). Tingkat Profitabilitas Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bei Periode 2012-2013 (Kajian Faktor Penyebab Dan Dampaknya). e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. Vol. 2 Hal. 1-12.

Suwardjono. (2008). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta:BPFE-YOGYAKARTA

Wild, John.J., Subramanyan, K.R., & Halsey, R.F. (2005).Analisis Laporan Keuangan, Edisi 8 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter