UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSIMENGGUNAKAN METODE FRIEND GIVING PADA SISWA KELAS XI AK1SMK NEGERI 2 MADIUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Suyatni Suyatni, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
metode Friend Giving terhadap peningkatan motivasi berprestasi
dan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI AK
1 SMK Negeri 2 Madiun tahun ajaran 2016/2017. Penelitian
dilakukan pada semester I kelas XI AK 1 SMK Negeri 2 Madiun
tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 29 siswa. Penelitian
dilakukan melalui dua siklus dengan tahapan (1) perencanaan
tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interprestasi
dan (4) analisis dan refleksi tindakan masing-masing sebanyak 3
tatap muka. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi
mengenai motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian tindakan yang telah dilaksanakan dan
hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
yang diambil telah terbukti bahwa penerapan metode
pembelajaran Friend Giving dapat meningkatkan motivasi
berprestasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar; Friend Giving.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2012. Penelitian Pendidikan.Bandung.PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Laksmi, Asri dkk. 2005. Dasar-dasar Kewirausahaan. Surakarta: UNS Press.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2002. Metode Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Tarsito.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prabowo, Hadi. 2013. Peningkatan Pemahaman Belajar IPA dengan Pembelajaran Friend Giving Kelas VII E SMPN 2 Pilangkenceng Madiun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: IKIP PGRI Madiun.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa (Rajawali Press).

Siregar dan Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sofyan. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sukarsi. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Friend Giving Siswa Kelas IX A SMPN 1 Wonoasri Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: IKIP PGRI Madiun.

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pressindo.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter