PENGARUH PRODUK ATM SUKA-SUKA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) CABANG MADIUN

NITA DWI PRAWITASARI

Abstract


Persaingan memperebutkan nasabah bank di Indonesia sangat ketat. Dengan jumlah bank yang semakin banyak dan produk yang ditawarkan bank, kualitas pelayanan dan variasi produk masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan dan mendapatkan nasabah baru. Oleh karena itu, Bank BTN meluncurkan Kartu ATM Suka-Suka bagi para nasabahnya. Tujuan penelitian (1) mengetahui apakah  produk ATM Suka-Suka meliputi kinerja, keistimewaan, keandalan, daya tahan, kesesuaian, dan estetika   secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BTN cabang Madiun (2) mengetahui apakah  produk ATM Suka-Suka meliputi kinerja, keistimewaan, keandalan, daya tahan, kesesuaian, dan estetika  secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BTN cabang Madiun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel yang diteliti adalah sebanyak 60 orang dengan cara memberikan angket kepada nasabah yang datang dan membuat kartu ATM Suka-Suka di Bank BTN. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk ATM Suka-Suka secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BTN cabang Madiun. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah variabel kesesuaian dan variabel kinerja produk. Sedangkan variabel keandalan dan estetika bernilai negatif artinya kedua varibel ini tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan variabel daya tahan dan keistimewan tidak terlalu dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. (2) Produk ATM Suka-Suka meliputi kinerja, keistimewaan, keandalan, daya tahan, kesesuaian, dan estetika  secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BTN cabang Madiun

Full Text:

PDF

References


Ali Suryanto. 2013. Pengelolaan BPR dan Lembaga Keuangan Mikro. CV Andi Offset : Yogyakarta Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakata : PT Raja Grafindo Persada.

Dwi Kartika Putri. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal. Management Analysis Journal 3 (2). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi. Gerardo Andrew Tumangkeng. (2013). Kualitas Produk, Suku Bunga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kpr Bank BTN Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Hussain Umar. 2010. Riset Pemasaran Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka http://www.btn.co.id/, Produk dan Layanan Jasa. diakses bulan Oktober 2015 Ismail. 2010. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta : Kencana. Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakata : PT Raja Grafindo Persada. Markoni. (2011). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011. Jurnal. Politeknik Negeri Sriwijaya Nur Shaadiqawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Kamera Tipe Digital Slr Merek Canon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal. Universitas Telkom. Philip Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta. : Erlangga _______. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Ketiga belas. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta. : Erlangga Soffan Arif. (2013). Kualitas Pelayanan Pengelolaan Atm Dan Kepuasan Nasabah: Studi Pada Bank Bni 1946 Pasuruan. Jurnal. Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 1 Nomor 1, Januari 2013 Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Alfabeta :Bandung Taswan. 2008. Akuntansi Perbankan. UPP STIM YKPN : Yogyakarta Yulinda. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Sumut Sejahtera I Pada PT Bank Sumut Cabang Utama Medan. Jurnal Ekonom, Vol 16, No 1, Januari 2013. Fakultas Ekonomi USU


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter