ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM BUNGA DAN SISTEM BAGI HASIL PADA BRI KONVENSIONAL DENGAN BRI SYARIAH KANTOR CABANG MADIUN

Novita Wulansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana prosedur pembukaan tabungan dan pemberian kredit yang diterapkan pada BRI Konvensional maupun BRI Syariah kantor  Cabang Madiun (2) mengetahui perhitungan simpanan dan pinjaman antara BRI Konvensional dengan BRI Syariah (3) mengetahui perbandingan bagi nasabah yang menyimpan dana maupun meminjam dana dengan menggunakan sistem bunga dan sistem bagi hasil yang diterapakan BRI Konvensional dengan BRI Syariah.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Artinya, penelitian ini akan dipusatkan pada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) prosedur pembukaan simpanan dan pinjaman antara BRI Konvensional dengan BRI Syariah memiliki banyak kesamaan yaitu dari segi persyaratan (2) prosedur pembukaan simpanan dan pinjaman BRI Konvensional lebih memudahkan nasabah dari pada BRI Syariah karena persyaratannya untuk pembukaan tabungan hanya menggunakan KTP dan pemberian kredit pada BRI Konvensional produk KUR hanya menggunakan KTP, KK, SKU (3) perhitungan sistem tabungan BRI Konvensional menggunakan sistem bunga sedangkan BRI Syariah menggunakan rumus umum dan return, perhitungan sistem kredit antara BRI Konvensional dengan BRI Syariah kedua sama-sama menggunakan rumus flat. (4) hasil dari perbandingan sistem tabungan dan pinjaman antara BRI konvensional dengan BRI Syariah dapat disimpulkan bahwa BRI Syariah lebih menguntungkan karena dari segi nisbah bisa ditentukan oleh kedua pihak antara nasabah dengan pihak bank, sedangkan pada BRI Konvensional sudah ditentukan di awal oleh pihak bank.

Full Text:

PDF

References


Heri Sudarsono. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: EKONOSIA Ir. Adiwarman Karim. 2004. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Indra Bastian dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Jakarta: Salemba Empat. Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Julius R. Latumaerissa. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat. Kasmir. 2002. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Ktut Silvanita. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Erlangga. Lukman Dendawijaya. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia. Malayu S.P. Hasibuan. 2006. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

The FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi) Program Studi Pendidikan Akuntansi – FPIPS IKIP PGRI MADIUN

Muhammad Syafi’i Antonio. 2001. Bank Syariah: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press. Prof Dr. H. Veithzal Rivai, Dr. Drs. Sarwono Sudarto, Dr. Hulmansyah, Hanan Wihasto, Arifiandy Permata Veithzal. 2012. Islamic Banking and Finance: dari Teori ke Praktik Bank dan Keuangan Syariah Sebagai Solusi dan Bukan Alternatif. Yogjakarta: BPFE. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Taswan. 2010. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Thomas Suyatno, Azhar Abdullah, dan Tinon Yunianti. 2005. Kelembagaan Perbankan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Wiroso. 2005. Penghimpun Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter