EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK PGRI WONOASRI MASA PANDEMI COVID-19

Anggit Sasmita Lestari, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Minat belajar merupakan sikap yang menitikberatkan pada mencari  perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Kondisi di kelas XI AKL yang masing- masing kelasnya berjumlah 30 siswa, minat belajarnya rendah. Sedikitnya minat belajar tercermin dari partisipasi dalam pembelajaran, dari 30 siswa hanya 5-6 siswa yang antusias mengikuti pembelajaran. Permasalahan ini perlu diteliti guna meningkatkan minat belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, peneliti menawarkan solusi berupa aplikasi media pembelajaran mind mapping.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra eksperimen. Hasil dari penelitian ini setelah dianalisis menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa kelas XI AKL di SMK PGRI Wonoasri setelah menerima media pembelajaran mind mapping

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Lanasir, J., Palimbong, A., & Hasdin. (2010). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN Pembina Salakan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. 2(3), 154-163.

Lutfi, M., (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTsN Jambewangi. 4(1)

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). 37(1).

Mustrifarini, Ary., Mustaji, & Subroto W.T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Teknik Mind Mapp pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV Sekolah Dasar. 3(3)

Nurroeni, C.,(2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. 2(1)

Prahita, N.(2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA pada siswa kelas IV. 2(1)

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Syam, N., & Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. V(September).

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarwabiyah Volume 11 Nomor 1, 11, 131-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter