ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA PADA RSUD KOTA MADIUN

Agni Artarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas yang diterapakan oleh RSUD Kota Madiun sudah baik sehingga dapat mendukung efektivitas penggunaan dana penerimaan dan pengeluaran kas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan data primer seperti hasil wawancara dengan pihak perusahaan dan data-data yang diberikan oleh pihak perusahaan seperti struktur organisasi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan sistem penerimaan dan pengeluaran kas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data meliputi analisis struktur organisasi, analisis sistem otorisasi dan prosedur pencatatan akuntansi, analisis praktik yang sehat, analisis mutu karyawan. Berdasarkan  penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern (SPI) penerimaan dan pengeluran kas yang diterapkan oleh RSUD Kota Madiun telah berjalan dengan baik yaitu sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas telah berjalan dengan baik yaitu sistem penerimaan dan pengeluaran kas sesuai dengan prosedur yang ada, struktur organisasi telah memisahkan tanggungjawab fungsional secara tegas, pencatatan akuntansi telah berjalan dengan baik, sehingga mendukung efektivitas penggunaan dana. Namun masih ada yang belum mendukung SPI dalam meningkatkan efektivitas penggunaan dana. Karena belum dilakukan pemeriksaan mendadak dalam penerimaan dan pengeluaran kas dari pihak internal atau eksternal, Belum menggunakan nomor urut tercetak dalam formulir kwitansi penerimaan kas. Penggunaan dana dalam kegiatan di RSUD sebagian besar telah tercapai sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Namun masih ada yang belum sesuai dengan target yang dianggarankan. Karena masih ada kegiatan belanja obat dan perbekalan kesehatan hanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kunjungan pasien yang belum bisa dipastikan setiap harinya.
 
Kata kunci : Sistem Pengendalian Intern, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas, Efektivitas, Penggunaan Dana

Full Text:

PDF

References


Dede Apriyono. 2006. Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Perum Pegadaian-Kantor Wilayah Medan. Online. http://repositoryusu.usu.ac.id, Diunduh Pada Tanggal 19 April 2013. George H. Bodnar. William S. Hopwood. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. H. Moermahadi Soerja Djanegara dan Maicella Chandra Haryadi. 2007 Melakukan penelitian tentang Studi Tentang Efektifitas Pengendalian Intern Penjualan pada PT. Anta Express Tour & Travel Service,Tbk. (online) (http:// usd.ac.id, diunduh tanggal 11 April 2013). Indra Bastian. 2006. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Yogyakarta: Erlangga. Lilis Puspita dan Sri Dewi Angadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Linda Amalia Krisnawati . 2009. Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Siklus Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada CV Cahaya Mustika (online) (http://library.um.ac.id, diunduh tanggal 16 mei 2013). Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi. Mei Wulandari. EvaluasiSistem Informasi Akuntansi Pada Prosedur Pembelian Bahan Baku. ( online) (http:// repository.ac.id, diunduh tanggal 18 Desember 2013). Mohamad Mahsun. 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE. Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. Raykard Parlin. Analisis Sistem Pengendalian Internal Kas Pada Pt. Bank Nasional Indonesia (BNI). (Online). (http:// ejournal.unesa.ac.id, diunduh tanggal 23 april 2013). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Tuti Ekasari.Tanpa Tahun. “Evektivitas Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada BPR Artha Bersama”. Malang: Universitas Gunadarma. Vita Puspita. 2010. Sistem Pengendalian Kas Pada PT. KIA Mobil Indonesia Cabang Surabaya. (Online). (http://repository.usu.ac.id, di unduh tanggal 29 April 2013). Wing Wahyu Winarno. 2006. Sistem Informasi Akuntansi Edisi 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Zaki Baridwan.. 2008. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter