PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Devina Arny Irianti, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) Pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. (2) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. (3) Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan manufaktur Bursa Efek Indonesia sebanyak 24 perusahaan periode Tahun 2015 sampai Tahun 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, dan uji hipotesis (Uji t dan Uji F). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. (2) tidak ada pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. (3) ada pengaruh kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Annisa, Nazar. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Umur, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responbility. Jurnal. e-Proceeding of Management. Vol 2, No.1.

Diana, Nurvida Avri Devi dan Gugus Irianto. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Sebaran Kepemilikan Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan Ditinjau dari Teori Keagenan, Jurnal EMISI, Vol. 1, No. 1.

Harmono. (2017). Manajemen Keuangan Berbasis Blanced. Jakarta: Bumi Angkasa Raya

Haruman, Tendi. (2010). Struktur Kepemilikan, Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Finance and Banking Journal. Volume 10. No.2. Hal 150- 165. Bandung.

Rizqia, Dwita Ayu, Aisjah, Siti, dan Sumiati. (2013). Effect of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity on Dividend Policy and Firm Value. Research Journal of Finance and Accounting. Vol. 4 (11)

Siallagan, Hamonangan dan Mas’ud Machfoedz. (2010). “Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi IX. Hal 1-23. Padang.

Wulandari (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Debt Covenant dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal FE, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia.

Yuslirizal, Andhika, (2017) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Growth, Likuiditas, dan Size Terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Tekstil dan Garmen di Bursa Efek Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter