Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Training Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kejobong

Titin Kuntum Mandalawati, Devina Luthfitasari, Vivi Alvionita Agustiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Training Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kejobong. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kejobong, sejumlah 20 orang anak laki-laki 14 orang dan perempuan 6 orang dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah enam macam tes, yaitu Lari 40 meter,  Lari 600 meter, Loncat Tegak dan Baring Duduk. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rat-rata hasil tes lari 40 meter putra 6,74 detik detik kategori Baik dan putri 7.13 detik kategori Baik. Rata-rata hasil tes Lari 600 meter putra mendapatkan hasil 2,21 menit dan putri 2,34 menit. Rata-rata hasil tes Loncat Tegak putra adalah 36,71 cm kategori Baik dan putri 28 cm kategori Sedang. Hasil tes Baring Dukuk putra mendapatkan hasil rata-rata 16,64 kali kategori Sedang dan putri 7,33 kali kategori Sedang. Hasil tes Gantung Siku Tekuk mendapatkan rata-rata 24,5 detik kategori Sedang dan Putri 14,33 detik kategor Sedang Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Circuit Training dapat dijadikan acuan bagi guru pendidikan jasmani dalam Tema Kebugaran Jasmani Khususnya siswa anak kelas VIII

Keywords


Model Pembelajaran, Circuit Training¸ Kebugaran Jasmani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas, 2003, Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SD/MI, Jakarta : Depdiknas.

Kosasih, Engkos. 1985 Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Kota Semarang: Dahara Prize.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.