PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR-SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVOLUSI

Arwin Arif, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) berorientasi model pembelajaran Think Pair-Share (TPS) pada mata kuliah evolusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action). Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah evolusi. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses bersiklus yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan di analisis menggunakan teknik persentase, statistik deksriptif dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa untuk motivasi belajar mahasiswa memperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 67,49 dan siklus II sebesar 80,41 dengan ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,92. Untuk hasil belajar mahasiswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 53,69 dan siklus II sebesar 76,13 menunjukkan peningkatan sebesar 22,44. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) berorientasi model pembelajaran Think Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar.


Full Text:

PDF

References


Adha, (2015). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction And Intervention Dan Model Pembelajaran Think Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Biologi. Hal. 25. Skripsi Diterbitkan. Jurnal UIN Alauddin Makassar 2016.

Haling. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lie. (2007). Cooperative Learning:“Mempraktekkan Cooperative Learning di dalam Ruang-Ruang Kelas”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Paul, E & Don, K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Permata Puri Media.

Sahabuddin, (2011). Mengajar dan Belajar. Makassar : Badan Penerbit UNM

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sri Wardani. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Skripsi diterbitkan. Jurusan FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Tarsito

Sugiono, (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D..Bandung: Alfabeta

Taufiq, A. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenana Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.