Profil Kemampuan Analisis Siswa SMK Kelas X Dalam Memecahkan Materi Gerak Melingkar

Riskiyah Damayanti, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan analisis yang dimiliki siswa untuk memecahkan persoalan materi Gerak Melingkar kelas X. Penelitian ini menggunakan sampel siswa SMK Tanaman Perkebunan dan Agro Bisnis di SMK Gula Rajawali di Kota Maidun. Kemampuan analisis adalah suatu tingkatan hasil belajar yang berada tingkat C4 dengan kegiatan berupa penguraian masalah dan membaginya kedalam bagian-bagian yang digunakan untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks. Penelitian ini menggunakan model deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes essay kemampuan analisis siswa. Skor kemampuan analisis siswa dalam memecahkan materi Gerak Melingkar masih sangan rendah. Kelemahan siswa dalam memecahkan dalam menyelesaikan persoalan Fisika materi Gerak Melingkar adalah: tidak dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, kesalahan dalam menentukan konsep, kesalahan dalam menentukan persamaan, kesalahan menghitung dan tidak dibiasakan membuat kesimpulan berdasarkan hasil. Guru perlu membuat solusi sehingga kemampuan analisis siswa menjadi meningkat.


Keywords


Profil, Kemampuan Analisis, Gerak Melingkar.

Full Text:

PDF

References


Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.