Profil Kemampuan Kreativitas Siswa SMP N I Wungu, Madiun

Ria Sukesti, Jeffry Handhika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA pada materi tata surya, 2) dengan model pembelajaran PeerTeaching, peneliti dapat mengetahui peningkatan kreativitas siswa . Penelitian inimenggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan metode survei, observasi, instrumen dan wawancara. Sampel dari penelitian yang diambil sebanyak 28 responden. Hasil survei dengan menggunakan instrumen menunjukkan bahwa kemampuan berpikir lancar (fluency) sebesar 55.04%, kemampuan berpikir luwes (flexibility) sebesar 55.23%, kemampuan memperinci (elaboration) sebesar 55.47 %, dan kemampuan memperbaharui sebesar 44.28%. Hasil survei dengan menggunakan instrumen, menunjukkan bahwa rata-rata presentase kreativitas siswa kelas VII A SMPN I Wungu sebesar 52.2 %. Berdasarkan presentase tersebut maka tingkat kreativitas siswa dalam kategori rendah.


Keywords


Kreativitas , Kemampuan Berpikir

Full Text:

PDF

References


Habibi, M. (2015). Kreativitas Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.