Pengembangan Modul Fisika Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Habibbah Ria Ansori, Purwandari Purwandari, mislan sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan modul fisika berbasis mind mapping pada pada pokok bahasan tata surya; 2) Mengetahui kualitas modul fisika berbasis mindmapping pada pokok bahasan tata surya; 3) Mengetahui peningkatan kemampuanberpikir kreatif siswa setelah menggunakan modul berbasis mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain uji coba produk pengembangan penelitian ini yaitu uji pakar, uji kelas kecil, uji kelas terbatas. Subyek uji coba kelas kecil adalah 7 siswa SMPN 1 Barat dan uji coba kelas terbatas terdiri dari 32 siswa kelas VII C SMPN 1 Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah pembuatan modul fisika berbasis mind mapping meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, penyusunan instrumen, penentuan format, perancangan modul, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji kelas terbatas; 2) kualitas modul fisika berbasis mind mapping telah dinilai oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,21 (layak) dan ahli media memperoleh presentase sebesar 79,09% (layak), pada uji kelas kecil memperoleh respon dari siswa sebesar 80,25% (sangat baik) dan uji kelas terbatas memperoleh respon dari siswa sebesar 80,05% (sangat baik); 3) hasil kemampuan berpikir kreatif pada uji kelas kecil menunjukkan peningkatan N-gain sebesar 0,67 (sedang) dan uji kelas terbatas menunjukkan peningkatan N-gain sebesar 0,65 (sedang).


Keywords


: Modul,Mind Mapping, Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K., & Amri, S. (2014). Pengembangan & Model Pembelajaran TEMATIKintegratif . Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran.

Jakarta: PT. Gramedia.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.