Development of Practical Apparatus for Comparing Density of Static Fluids Class XI MIPA

Arinda Sisca Trisnawati, Aisyah Evi Nurhidayah, Puji Hariati Winingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap alat praktikum pembanding masa jenis fluida statis. Jenis penelitian Research and Development (R&D) yang direkomnedasikan Sugiyono disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Subyek penelitian ini meliputi 5 validator dan 34 peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian tersebut menghasilkan beberapa temuan, 1) alat praktikum pembanding massa jenis fluida statis, 2) uji kelayakan terhadap alat praktikum pembanding massa jenis memperoleh penilaian sangat layak sebesar 68% dan layak sebesar 32%, 3) uji respon peserta didik memperoleh penilaian sangat setuju sebesar 46%, setuju sebesar 53%, dan tidak setuju 1%. Berdasarkan kriteria presentase dapat disimpulkan bahwa alat praktikum pembanding massa jenis fluida statis dapat dinyatakan layak dan berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; Alat Praktikum; Massa Jenis

Full Text:

PDF

References


Azizah, Rismatul, Lia Yuliati, and dan Eny Latifah. 2015. “Kesulitan Pemecahan

Masalah Pada Siswa.” Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) 5:45–46. doi: 10.1136/pgmj.53.620.343.

Hikmah, I. I. K. Nurul, Program Studi, Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan, Ilmu

Pengetahuan, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, Universitas Islam, and Negeri Syarif. 2017. “Pengembangan Alat Peraga Seven in One Pada.”

Insjaf, Chusnana. 2016. “S EMINAR N ASIONAL J URUSAN F ISIKA FMIPA UM 2016 NILAI GUNA AMPAS TEBU Di BIDANG MATERIAL INDUSTRI S EMINAR NASIONAL J URUSAN F ISIKA FMIPA UM 2016.” (2015):2015–17.

Maiyena, Sri, Marjoni Imamora, and Fitri Ningsih. 2018. “Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Sensor Phototransistor Untuk Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Jatuh Bebas.” Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi 9(1):54. doi: 10.31958/js.v9i1.750.

Mega, Nur, Aris Saputra, and Nanda Widya Muharammah. 2020. “Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik Pada Era New Normal.” Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling 0(0):75–79.

Pramesty, Rosalina Indah, and Prabowo Prabowo. 2013. “Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 02(03):70–74.

Rio Sebastian, Puji Hariati W, Handoyo Saputro. 2021. “Design Physics Props Based on Arduino Nano Sensors on Irregularly.” 5(1):26–30.

Sagala, Syaiful. 2013. Etika Dan Moralitas Pendidikan: Peluang Dan Tantangan. Jakarta: Kencana.

Saputro, Handoyo. 2016. “Inspirasi Fisika Misteri Sebagai Problem Solving Pembelajaran Sains Dalam Menyongsong Mea.” Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 2(2):6–10. doi: 10.30738/jst.v2i2.395.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: alfabeta.

Yunita, Isma, and Alinis Ilyas. 2019. “Efektivitas Alat Peraga Induksi Elektromagnetik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2(2):245–53. doi: 10.24042/ijsme.v2i2.4349.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.