The Aplication of the OASIS Learning Model to improve Student’s Critical Thinking Skills

Tutik Suyani, Jeffry Handhika, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model OASIS, dengan tahapan Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi dalam mengkritisi materi Kinematika gerak lurus. Metode Pre-Eksperimen dilakukan dalam penelitian ini, dengan desain One group pre test-post test design. Sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas X MIA di Kabupaten Ngawi sebanyak 30 Siswa. Pemilihan sampel didasarkan pada teknik simple random sampling. Proses penelitian dilakukan sesuai dengan sintaks Model Pembelajaran OASIS. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes soal HOTS pilihan ganda dengan level kognitif C4 dan C5. Hasil analisis normalitas Kolomogorov-Smirnov sebesar 0,154  sehingga data terdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas sebesar 0,132 sehingga data homogen. Dari analisis Uji Normlitas dan Homogenitas ditetapkan bahwa data parametrik, sehingga dialakukan analisis uji T. Hasil Uji T didapatkan nilai sebesar 0,00 mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh model OASIS terhadap peningkatan kompetensi berpikir kritis. Hasil dari Uji T ini juga didukung dengan Uji N-Gain yang menunjukan adanya kenaikan nilai siswa setelah pembelajaran dilakukan. Hasil tersebut dibuktikan dengan N-Gain rata-rata sebesar 0,536 (sedang).


Keywords


Berpikir Kritis; Model Pembelajaran; OASIS; Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Ariyani, N., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2020). Development of Physics Modules in OASIS-Based Work and Energy Subjects to Improve Students ’ Critical Thinking Ability PENDAHULUAN Berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan maka seorang pendidik diharapkan dapat mengembangkan bah. 6(2), 75–84.

Dian Christi, R. Y., Handhika, J., & Yusro, A. C. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis OASIS Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 55–60. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.296

Faizal, I. M., Suarni, N. K., & Gading, K. (2016). Development Of Self-Affiliation Scale In Teenagers Of Vocational School Students. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 19. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Handhika, J. (2018). Model Orientsi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Snergi (OASIS) Untuk Meningkatkan Level Konsepsi Mahasiswa pada materi Kinematika dan Dinamika. Universitas Sebelas Maret.

Priyadi, R. (2011). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 6.

Pujianto, A. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(1), 16–21. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i1.2370

Saputra, A., Mulyadiprana, A., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Pop-up sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositorik. 4(2), 76–84.

Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education., 2(3), 181–190.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In Klik Media.

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.