E-Learning Design Media With Schoology Based Multirepresentation

Ina Tri Monika, Siska Desy Fatmaryanti, Arif maftukhin

Abstract


Penggunaan media dalam pembelajaran berfungsi untuk mempermudah dalam penyampaian informasi, menyampaikan materi dengan baik serta membuat pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk membuat desain media pembelajaran fisika menggunakan e-learning berbasis multirepresentasi. Penelitian ini merupakan bagian dari langkah model pengembangan Tiagarajan, yaitu tahap define dan design. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, pada tahap define ditemukan bahwa diperlukan sumber belajar lain selain LKPD yang melatih multirepresentasi peserta didik. Pada tahap design telah dihasilkan rancangan media e-learning dengan schoology yang berisi modul, kuis, definisi setiap representasi dan contoh penerapan optik dan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan pada tahap develop dan desiminate pada penelitian selanjutnya.

 


Keywords


esain, Media, E-learning, Schoology, Multirepresentasi

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., & Diani, R, (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-logs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Diani, Rahma, (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 4, no. 2 : 243–55.

Fatmaryanti, S. D. (2017, January). Student Representation of Magnetic Field Concepts in Learning by Guided Inquiry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 795, No. 1, p. 012059). IOP Publishing.

Fatmaryanti & Sarwanto, (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan. (JPFK).

Finnajah, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 8(1), 2227.

Hasanah, N., Suyanto, E., & Suana, W., (2016). E-Learning dengan Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hokke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Pambudi, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(8), 696703.

Prahani, B. K., W.w, S., & Yuanita, L., (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 4(2), 503–517.

Purwaningsih, R., Rosidin, U., & Wahyudi, I., (2017). Pengaruh Penggunaan E-learning dengan Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4).

Putra, P. D. A., & Sudarti, S., (2015). Real Life Video Evaluation dengan Sistem E-learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan 45(1).

Sabirin, M., (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44.

Samudra, Suastra, & Suma, M. S., (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & Aristya Putra, P. D., (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 223-230.

Utami, R. P., Rosidin, U., & Wahyudi, I., 2017. Pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology materi gravitasi newton terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Wahyudi, I., (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E- Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199.

Yuberti, Y. (2015). Online Group Discussion pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 145–153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.