Design of Spesific Heat Props Using Android Based on Multirepresentation

Desy Luthfianti Ulfah, Siska Desy Fatmaryanti, Umi Pratiwi

Abstract


Kalor jenis merupakan salah satu konsep fisika yang membutuhkan visualisasi dan
kemampuan multirepresentasi yang baik. Alat peraga kalor jenis dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi hingga saat ini belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian ini yaitu membuat suatu desain alat peraga kalor jenis berbantu sensor massa  load cell dan sensor suhu DS18B20 dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi yang disertai dengan petunjuk dan panduan penggunaannya.  Penelitian ini merupakan bagian dari langkah model pengembangan 4-D (Four-D model) oleh Thiagarajan; yaitu pada tahap pendefinisian (define) dan tahap perancangan (design). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pada tahap
define ditemukan bahwa banyak terjadi permasalahan terkait analisis perhitungan kalor jenis dalam praktikum juga aspek multirepresentasinya. Pada tahap design telah dihasilkan desain alat peraga kalor jenis menggunakan android berbasis multirepresentasi, buku petunjuk penggunaan alat, buku panduan percobaan, dan soal berbasis multirepresentasi. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan pada tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desiminate) pada penelitian selanjutnya.


Keywords


kalor jenis, alat peraga, android, multirepresentasi

Full Text:

PDF

References


Setiawan, A., Sutarto., & Indrawati. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA : Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 1(3), 286.

Leksana, K.L. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Multi Representasi pada Konsep Alat-alat Optik untuk Mengidentifikasi Kemampuan Representasi Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Budiansah, I. 2015. Desain Didaktis Konsep Asas Black Dan Perpindahan Kalor Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas Kelas X. Thesis. Perpustakaan Pendidikan : Universitas Pendidikan Indonesia.

Safitri, H.N. (2017). Pengembangan Alat Praktikum Kalorimeter Bom Pada Pokok Bahasan Kalor. Program Studi Pendidikan Fisika. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Nurjannah. 2017. Pengembangan Alat Peraga Kalor Jenis pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Berbasis Arduino. Program Studi Pendidikan Fisika. Skripsi. Jurnal Radiasi: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Doyan, dkk. 2018. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. JPPIPA, 4(1), 35-45


Refbacks

  • There are currently no refbacks.