Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Pada Fisika Sma

Aelya Putri Rukmana, Tantri Mayasari, Andista Candra Yusro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test.
Model pengembangan yang digunakan adalah model 3D yang terdiri dari Defining,
Designing, dan Developing. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan
teknik nontes, yaitu penelaah instrumen tes dilakukan oleh 5 ahli fisika untuk
mengetahui kesesuaian soal dengan indikator, bahasa, dan ranah kognitif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik bebentuk four-tier pada
konsep energi yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan untuk 16 soal
dan 4 soal yang tidak valid selanjutnya direvisi sesuai saran ahli, sehingga dapat
digunakan dalam mendeteksi miskonsepsi.


Keywords


Four-Tier Test, miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of

Diagnostic Instrumen to Identify Students' Misconceptions in Science. Eurasia

Joutnal of Mathematics Science & Technology Education , 989-1008.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT

Grasindo.

Kamilah, D. S., & Suwarna, I. P. (2016). Pengembangan Three-Tier Test Digital

untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis. Edusains , 2120-220..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.