Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMK dalam Mengerjakan Soal Konsep Usaha, Energi, dan Daya

Maisaroh Maisaroh, Tantri Mayasari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini memaparkan hasil kemampuan analisis siswa SMK pada mata pelajaran fisika materi usaha, energi, dan daya yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir analisis siswa SMK. Model penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan dengan model pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa Gamaliel 1 Madiun kelas X jurusan Mesin tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri 25 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen validasi dan instrumen soal tes kemampuan analisis. Analisis data dilakukan dengan presentase, uji CVR CVI, dan uji beda N-gain. Hasil CVR validasi soal tes kemampuan berpikir analisis sejumlah 13 dengan CVI sebesar 1 dengan kategori sangat layak. Kemampuan analisis siswa pada indikator membedakan dengan rata-rata N-gain sebesar 0.61 kategori sedang, pada indikator mengorganisasikan rata-rata N-gain sebesar 1.00 dengan kategori tinggi, dan indikator menghubungkan rata-rata N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Dan rata-rata N-gain kemampuan berpikir analisis sebesar 0.57 dengan kategori sedang.

Keywords


kemampuan berpikir analisis, materi usaha, siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Aji, S., Hudha, M., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 36-51.

Anderson, L. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan

Asesmen (Agung Prihantoro, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Anderson, L., & Krathwohl, D. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching, and

Assessing: ARevision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New

York: David McKay Company, Inc.

Antriani, D., Susilo , H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil Keterampilan Berpikir

Analisis Mahasisiwa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal

Penelitian Pendidikan IPA, 66-70.

Arifin , Z. (2012 ). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Furqon, M., Karyanto, P., Rinanto, Y., & Salma, S. (2015). Penerapan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negri 1

Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan

Biologi FKIP UNS 2015, 410-414.

Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Kadikma, 1-11.

Lawshe, C. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel

Psychology, 563-575.

OECD. (2016). PISA 2015 Result (Volume 1) Excellence and Equity in Education.

Paris: OECD Publications.

Rodliyah, N. (2015). Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Akselerasi 1 SMP Negeri 1 Purwokerto Ditinjau dari Creativity Quotient (CQ). Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.

Serwey, R., & Jewett, J. (2009). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: CENGAGE Learning.

Sundayana, R. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Widyasari, A., Sukarmin, & Sarwanto. (2015, April). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual pada Materi Usaha, Energi, dan Daya untuk Pesrta Didik Kelas X SMK Harapan Kartasura. JURNAL INKUIRI, 125-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.