Pengaruh Model Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Fitria Dwi Romantika, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh model inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi di kelas X AV fisika SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan design one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t test. Hasil uji hipotesis menunjukkan Fhitung < Ftabel disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi di kelas X fisika SMK.

Keywords


Inkuiri Bebas Termodifikasi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Afandi, & Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta:

UPT penerbitan dan pencetakan UNS.

Anam. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatmawati, Y., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Pengembangan modul IPA fisika

berbasis discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

siswa kelas VIII SMP negeri 1 Puhpelem . Jurnal unipma , 90.

Hapsari, A. D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Penerapan pembelajaran fisika

dengan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Jurnal

unipma , 189.

Jhoni, Hanesman, & Almasri. (2014). Kontribusi motivasi dan lingkungan belajar

terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa

kelas X jurusan teknik audio video di SMK 2 Solok. Jurnal Vokasional teknik

elektronika & informatika , 96-102.

Kristianti, A. A., Sunarno, W., & Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA dengan inkuiri

bebas termodifikasi menggunakan lab rill dan lab virtual ditinjau dari

kemampuan berpikir dan gaya belajar siswa. Jurnal Inkuiri , 106.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi

normalitas distribusi metode kolmogrov-smirnov, liliefors, shapiro-wilk dan

skewness-kurtosis. Jurnal biometrika dan kependudukan , 127-135.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Wahyuni, Hikmawati, & Taufik. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri

terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa

kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan

Fisika dan Teknologi , 164-169.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.