PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Sulton Nawawi, Rindi Novitri Antika, Tutik Fitri Wijayanti, Suyud Abadi

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran, namun kenyataannya banyak guru kesulitan mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan siswa. Tujuan kegiatan ini adalah melatih guru dalam pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013.Metode yang digunakan adalah transfer ilmu dan praktek. Sebagai parameter keberhasilan dari pelatihan yang telah dilakukan, kami memberikan quisioner. Hasil quisioner indikator pertama terkait materi pelatihan, 33,33 % menjawab merupakan hal baru, 60 % merupakan hal yang sesungguhnya lama, dan 6,66% merupakan hal biasa.Pada indikator kedua tentang materi,40% menjawab sangat membantu dan 60% cukup membantu.Pada indikator ketigatentang penyusunan modul 86 % menjawab mendapat gambaran yang kongkrit dan 13,33 % belum mengerti.Pada indikator keempat bahan ajar merupakan kebutuhan mutlak 80 % menjawab ya dan 20 % tidak harus.Pada indikator kelimaketersediaanbahan ajar yang sesuai kebutuhan 20% menjawab sudah memadai, 40% cukup dan 40% ada tapi sangat sedikit.Pada indikator keenamberkaitan dengan pemanfaatan bahan ajar hasil penelitian pengembangan73,33% menjawab setuju karena sudah teruji materinya dan 26,66% setuju tetapi terhambat menggunakannya. Pada indikator ketujuh berkaitan dengan waktu pelatihan 13,33% menjawab terlalu lama, 60% cukup, 20% seimbang dengan materi dan tugas dan 6,66% terlalu singkat dibandingkan dengan materi dan tugas.

Keywords


pelatihan, pembuatan modul, bahan ajar, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Progamme for International Student Assesment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Stud (TIMSS). Jakarta.

Fadel.2009. 21 ST Century Skills. United States: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Galbreath, J. (1999). Preparing the 21st Century Worker : The Link Between Computer Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology Journal, vol.39, (6), 4-22.

Millah,E.S., Budipramana, L.S., dan Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains Teknologi Lingkungan dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu, vol.1, no 1, hlm. 19-24.

OECD.2003. Literacy Skillsfor the World of Tomorrow-Further Result From PISA. Organisation For Economic Coorperation & Development & Unsesco Intitute For Statistics.

Snyder, L.G., Snyder. M.J. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epselon Journal, vol. 50, no 2, 90-99.

Widodo, C.S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.