ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS SISWA SEBAGAI BENTUK APRESIASI DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TANJUNG 03 MAGETAN

Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan menulis siswa dalam mengapresiasi dongeng berjudul “Asal-usul Telaga Sarangan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Dari 23 siswa yang diteliti, aspek pokok-pokok isi dongeng sebesar 80,25 (berada pada tingkat baik). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan melalui tes, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tanjung 03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dalam mengapresiasi dongeng “Asal-usul Telaga Sarangan” siswa kelas III SDN
Tanjung 03 sebesar 80,25, dapat dikategorikan baik.

Keywords


Kemampuan menulis; mengapresiasi dongeng; dongeng; unsur-unsur dongeng

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.

Darmadi, Kaswan. 1993. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Offset.

Dalma, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: GaIIIa Media

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif Strategi Kelas Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa: Menysuun Karya Tulis Akademik, Memandu acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung : Alfabeta.

Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Suwondo, Tirto. 2001. Ihwal Pengajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Wiyono, Bambang Budi dan Baharuddin. 2007. Metodologi Penelitian

Suryani, N dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyono, Bambang Budi dan Burhanuddin. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.