ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS SISWA SEBAGAI BENTUK APRESIASI DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TANJUNG 03 MAGETAN
Abstract
penelitian ini dilakukan melalui tes, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tanjung 03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dalam mengapresiasi dongeng “Asal-usul Telaga Sarangan” siswa kelas III SDN
Tanjung 03 sebesar 80,25, dapat dikategorikan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Darmadi, Kaswan. 1993. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Offset.
Dalma, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: GaIIIa Media
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif Strategi Kelas Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa: Menysuun Karya Tulis Akademik, Memandu acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung : Alfabeta.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.
Suwondo, Tirto. 2001. Ihwal Pengajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Wiyono, Bambang Budi dan Baharuddin. 2007. Metodologi Penelitian
Suryani, N dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiyono, Bambang Budi dan Burhanuddin. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.