PEMBELAJARAN MENULIS SASTRA YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII

Aris Wuryantoro, Agung Nasrulloh Saputro, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa kelas VIII dan efektivitas buku ajar menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa kelas VIII. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik metode observasi, wawancara, dan angket. Penelitian diadakan di 5 SMP di Kabupaten Ngawi tahun pembelajaran 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menulis sastra yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa kelas VIII berhasil dan kelas sangat aktif, materi dalam buku ajar sangat tepat dan mendukung kompetensi yang diajarkan, dan mayoritas siswa berpandangan positif berkaitan dengan proses pembelajaran dan buku ajar menulis sastra; dan (2) buku ajar menulis menulis sastra dengan berorientasi pada pembentukan karakter siswa efektif jika diterapkan pada pembelajaran menulis cerpen dan puisi. Hal ini berdasarkan pada dua indikator, yakni (a) keterlaksanaan RPP, dan (b) aktivitas siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Keywords


pembelajaran; efektivitas; menulis sastra; pembentukan karakter

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 1983. Educational Research, fourth edition.Longman Inc.

Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 1983. Educational Research, Fourth Edition. Longman Inc.

Borich, H.T., 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: McMillan Publishing Company.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Dwiyono, Agus dkk. 2002. Integrasi Budi Pekerti dalam PPKn. Jakarta: Yudhistira.

Hidayatullah, M. Furkon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kadipura Surakarta: Yuma Pustaka.

Kemp, Jerrold. E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Koesoema, Doni A. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Kurniasari.2010. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Tesis Tidak Diterbitkan). Surabaya: Pascasarjana Unesa.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang : UMM Press.

Rahardi, F. 2006. Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai. Jakarta : Kawan Pustaka.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Semi, Atar .1990.Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung: ALFABETA.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.