PENGARUH COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION TERHADAP KUALITAS MENULIS

Vita Vendityaningtyas, Erlik Widiyani Styati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh computer mediated communication terhadap kualitas menulis saintifik dalam kelas writing. Penelitian ini akan dilakukan pada mahasiswa semester IV di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Pada semester ini, mahasiswa mendapat mata kuliah scientific writing. Jumlah kelas pada semester ini ada 2 kelas. Peneliti menggunakan 1 kelas sebagai subjek penelitian karena peneliti ingin mengetahui perbedaan sebelum menggunakan perlakuan dan sesudah menggunakan perlakuan dengan menggunakan computer mediated communication terhadap kualitas tulisan mahasiswa pada kelas menulis saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post test dalam penelitian experimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengambil hasil menulis mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan computer mediated communication. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh computer mediated communication dapat mempengaruhi hasil tulisan mahasiswa dalam scientific writing. Hasil post testmenunjukkan bahwa penggunaan computer mediated communication lebih signifikan dalam mempengaruhi kemampuan menulis mahasiswa. Hal ini dikarenakan berdiskusi dengan teman saat bertukar ide lebih baik lewat media.

Keywords


computer mediated communication; menulis

Full Text:

PDF

References


Biria, R. & Jafari, S. 2013. The Impact of Collaborative Writing on the Writing Fluency of Iranian EFL Learners. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 4.(1), 164-175.

Cheng, R. (2007). The role of computer-mediated communication in non-native speakers' acquisition of academic literacy. University of South Florida. Unpublished Disseration

Ching Ho, M. (2015). The effects of face-to-face and computer-mediated peer review on EFL writers’ comments and revisions. Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 31(1)

Lo, H.-C. (2009). Utilizing Computer-mediated Communication Tools for

Ocker, R & yaverbaum, G. (1999). Asynchronous Computer-mediated Communication versus Face-to-face Collaboration: Results on Student Learning, Quality and Satisfaction. Group Decision and Negotiation, 8

Oshima, Alice. & Ann, Hogue. 1998. Writing Academic English, 3rd Ed.New York: Addison Wesley Longman

Pery, M. (2010). Face To Face Versus Computer-Mediated Communication: Couples Satisfaction And Experience Across Conditions. University of Kentucky: Unpublished Thesis. Problem-based Learning. Educational Technology & Society, 12 (1), 205–213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.