Pengaruh Celebrity Worship dan konformitas teman sebaya terhadap compulsive buying mahasiswa penggemar K-Pop

Silvia Putri Irvani, Ibnu Mahmudi, Diana Ariswati Triningtyas

Abstract


Popularitas selebriti akan menjadikannya memiliki banyak penggemar. Berbagai penggemar termasuk para mahasiswa-mahasiswa di kampus. Hal tersebut menyebabkan dampak sosial dikalangan mahasiswa seperti munculnya berbagai komunitas-komunitas penggemar. Hal ini dapat dilihat bahwa mahasiswa penggemar K-Pop yang berlebihan dan sangat terobsesi dengan  idolanya akan memunculkan perilaku negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah celebrity worship dan konformitas teman sebaya berpengaruh terhadap compulsive buying Mahasiswa penggemar KPOP Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun. Metode dalam penelitin ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi ex-post Facto.  Metode pengumpulan data mennggunkan angket. Sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh celebrity worship terhadap compulsive buying mahasiswa penggemar K-POP Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun dalam kategori sangat tinggi. 2) Terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap compulsive buying mahasiswa penggemar K-POP Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun dalam kategori sangat tinggi. 3) Terdapat pengaruh celebrity worship dan konformitas teman sebaya terhadap compulsive buying mahasiswa penggemar K-POP Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun dalam kategori sangat tinggi.

Abstract
The popularity of celebrities will make him have a lot of fans. Various fans including students on campus. This causes social impacts among students such as the emergence of various fan communities. It can be seen that student K-Pop fans who are excessive and very obsessed with their idol will bring up negative behavior. The purpose of this study was to determine whether celebrity worship and peer conformity have an effect on compulsive buying for students who are fans of K-POP, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI Madiun University. The method in this research is a quantitative approach with ex-post facto correlation method. The data collection method used a questionnaire. While the data analysis using the product moment correlation test. The results of this study indicate that: 1) There is an influence of celebrity worship on compulsive buying of K-POP fan students, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI Madiun University in the very high category. 2) There is an influence of peer conformity on compulsive buying of K-POP fan students, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI Madiun University in the very high category. 3) There is an influence of celebrity worship and peer conformity on compulsive buying of K-POP fan students, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI Madiun University in the very high category.


Keywords


Celebrity Worship, Konformitas teman sebaya, Compulsive Buying

Full Text:

PDF

References


Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran celebrity worship pada penggemar kpop. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203-210.

Dewi, D. P. K. S., & Indrawati, K. R. (2019). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 291-300.

Frederika. A., Suprapto, M. H., & Tanojo, K. L. (2015). Hubungan antara harga diri dan konformitas dengan celebrity worship pada remaja di Surabaya. Jurnal Gema Aktualita.4(1), 61-69.

Kadafi, A., Pratama, B. D. and Suharni, S. (2022) ‘Pelatihan Menjadi Pendidik Sebaya Sebagai Upaya Preventif Pernikahan Dini’, Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 69–74. Available at: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/ganesha/article/view/1966.

Liu, J. K. K. (2013). Idol worship, religiosity, and self-esteem among university and secondary students in Hong Kong.

Maisyaroh, S. (2016). Hubungan harga diri dan gaya hidup hedonis terhadap kecenderungan pembelian kompulsif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Myres D. G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika

Ningrum, Andika, & Rr. Armanda. (2019). Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, Vol. 6, No. 2, 64-70.

Pertiwi, S.A. (2013). Konformitas dan fanatisme pada remaja Korean Wave (penelitian pada komunitas Super Junior fans club ELF “Ever Lasting Friend”) di Samarinda. Jurnal Psikologi. 1(2). 157-166.

Piero, M. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Pembayaran Non Tunai, Lingkungan Sosial, Dan Kondisi Keuangan Terhadap Compulsive Buying: Kasus Pada Mahasiswa Di Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Reeves, R. A., Baker, G. A., & Truluck, C. S. (2012). Celebrity worship, materialism, compulsive buying, and the empty self. Psychology & Marketing, 29(9), 674-679.

Saputro, B. M., & Soeharto, T. N. E. D. (2012). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan kecenderungan kenakalan pada remaja. Insight, 10(1), 1-15.

Sunarni. (2015). Pengaruh Celebrity Worship terhadap Identitas Diri Remaja Usia SMA diKota Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1-8.

Wirawan & Susilo. (2012). Hubungan Antara Konformitas dan Pembelian Kompulsif Terhadap Produk Fashion Pada Remaja.E-jurnal psikologi UII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: