PENGARUH EMPATI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA

Donik Prasetyo Wibowo, Dahlia Novarianing Asri, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Empati dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi ex post facto dan untuk analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa F-reg sebesar 101,9 sedangkan F-tabel 3,06. Pengujian uji hipotesis diterima jika F hitung > F tabel sehingga dapat disimpulkan hipotesis diterima yang berarti semakin tinggi empati dan konformitas teman sebaya maka akan memberikan pengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa dalam melakukan perilaku bullying

Abstract
This study aims to determine the effect of empathy and peer conformity on bullying behavior. The research design used is ex post facto correlation and for data analysis using product moment correlation. The results showed that the F-reg was 101.9 while the F-table was 3.06. Hypothesis testing is accepted if F count > F table so it can be concluded that the hypothesis is accepted, which means the higher the empathy and conformity of peers, the greater the influence on students' attitudes and behavior in bullying behavior

Keywords


empati, konformitas teman sebaya, perilaku bullying

Full Text:

PDF

References


Banks, R. (1997). ED407154 1997-04-00 Bullying in Schools. ERIC Digest. 1–6.

Ciglič, R., Komac, B., Steinfuhrer, A., & Matija, Z. (2012). Natural hazards and education in Europe. 133, 7–13. https://doi.org/10.1002/yd

Cross, D., & Barnes, A. (2014). Using Systems Theory to Understand and Respond to Family Influences on Children’s Bullying Behavior: Friendly Schools Friendly Families Program. Theory into Practice, 53(4), 293–299. https://doi.org/10.1080/00405841.2014.947223

Dayani, T. R. (2016). Studi Meta-analisis: Empati dan Bullying. Buletin PsikologiAn, 20(1–2), 36–51.

Fatimatuzzahro, A., & Miftahun Nimah Suseno, I. (2017). Menurunkan Perilaku Bullying Pada. Jurnal PETIK, 3(2), 1–12.

Fauziah, N. (2014). Empati, Persahabatan, Dan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78–92. https://doi.org/10.14710/jpu.13.1.78-92

Febriyani, Y., & Indrawati, E. (2016). Konformitas Teman Sebaya Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi Ips. Empati, 5(1), 138–143.

Fekkes, M., Pijpers, F. I. M., & Verloove-Vanhorick, S. P. (2005). Bullying: Who does what, when and where? Involvement of children, teachers and parents in bullying behavior. Health Education Research, 20(1), 81–91. https://doi.org/10.1093/her/cyg100

Mceachern, A. G., Kenny, M., Blake, E., & Aluede, O. (2005). Bullying in Schools : International Variations. Journal of Social Sciences, 8, 51–58.

Mustikarani D R. (2015). Penanganan Bullying Di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Naskah Publikasi.

Ni’mah, R. (2018). Hubungan Empati Dengan Perilaku Altruistik. At-Tuhfah, 6(1), 99–115. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v6i1.85

Rachmah, D. N. (2016). Empati Pada Pelaku Bullying. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487

Rahmah, M., Iswinarti, & Pertiwi, R. E. (2014). Hubungan antara konformitas dengan kecenderungan perilaku. Psikologi, 1(1). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/47090

Rahmah, M., Iswinarti, & Pertiwi, R. E. (2021). -Pelatihan empati untuk mengurangi intensitas perilaku bullying pada remaja. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.15856

Trisnani & Wardani. (2016). Perilaku bullying di sekolah. G-Couns Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 82–91.

Safitri, C., & Munir, A. (2022). Hubungan Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying di Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan The Relationship of Self- Control and Peers Conformity with Bullying Behavior in Students at Madrasah Alyah-Alwasliyah 12 Perbaungan. 4(4), 2052–2062. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.997

Salmivalli, C., Huttunen, A., & Lagerspetz, K. M. J. (1997). Peer networks and bullying in schools. Scandinavian Journal of Psychology, 38(4), 305–312. https://doi.org/10.1111/1467-9450.00040

Sari, A., & Fauziah, N. (2016). Hubungan Antara Empati Dengan Kepuasan Pernikahan Pada Suami Yang Memiliki Istri Bekerja. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 5(4), 667–672.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351

Smith, P., & Brain, P. (2000). Bullying in schools: Lessons from two. Aggressive Behavior, 26(March 1999), 1–9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: