Efektivitas konseling kelompok dengan teknik shaping untuk meningkatkan minat belajar siswa

Uswatun Hasanah

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan teknik shaping dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Kota Madiun Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi sebanyak 124 siswa diambil menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon sign ranx test. Hasil analisis data menunjukkan hasil test statistik di atas diketahui bahwa ASYMP sig (2-tailed) bernilai 0,05. Karena nilai 0,05 lebih kecil dari 0,05= 0,05<0,05  maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Artinya ada peningkatan minat belajar siswa dengan diberikannya konseling kelompok teknik Shaping.

 

This study aims to determine whether group counseling with shaping techniques can increase the learning interest of class X students in Madiun City 6 High School Academic Year 2018/2019. The population of 124 students was taken using the purposive sampling method. Data collection techniques in the form of questionnaires. Data were analyzed using the Wilcoxon Sign Ranx test. The results of the data analysis showed the results of the above statistical tests. It was found that the sig (2-tailed) ASYMP was 0.05. Because the value of 0.05 is smaller than 0.05 = 0.05 <0.05, it can be concluded that Ha is accepted Ho is rejected. This means that there is an increase in students' interest in learning by giving Shaping technique group counseling.

Keywords


Konseling kelompok, teknik Shaping, minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Autis Melalui Teknik Shaping. Jurnal Fokus Konseling, 4(2). Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/841617

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelimabelas. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61-73.

Bahri, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2018). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami. Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Dan Konseling), 4(2), 181–193. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882

Nurihsan Achmad (2014) Bimbingan Konseling Dalam berbagai Latar kehidupan (edisi revisi). Bndung:PT Fefika Aaditama.

Nursalim, M. (2015).Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. DalamDwiasri, O.M & Sallama, I.N. Erlangga

Siregar Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: