Efektivitas layanan informasi karir untuk meningkatkan minat studi0lanjut0siswa Kelas VIII

Eka Rina Anjas Sari, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Students who have completed their studies in junior high school will continue their studies to high school or vocational high school. Students are expected to be able to make decisions in a mature manner, and can choose majors in accordance with their abilities, and talents. This study out how effective career information servics are to increase intrest in further study of eighth grade studennts of SMP N 1 Wonoasri, Madiun Regency 2018/2019 Academic Year. This research quantitative approach with an experimental method, and the design this uses a Quasi experimental design with a non-equivalent control group design model. Population was 185 students, the sample taken 20 students, data technique was in the form of a questionnaire. Data were analyzed using the Wilcoxon Sign Ranx Test. The analysis showed that ASYMP sig (2-tailed) was worth 0.00 <0.05. The results of the research conducted by the researcher can prove that there is an increase in interest in further study of eighth grade students at SMP Negeri 1 Wonoasri. Thus, researchers can show differences before and after classical guidance with career information services to increase students' further study interest, therefore it can be said this researcher's hypothesis can be proven to be true
 Siswa yang telah menyelesaikan0studi di sekolah menengah pertama akan0melanjutkan studi ke sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan. Menentukan kelanjutan studi diharapkan siswa mampu mengambil keputusan secara matang, dan dapat memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuannya, sehingga keputusan yang diambil mampu dikembangkan oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif  layann infrmasi karir untuk meningkatkan minat studi lanjut siswa kelas VIII SMP N 1 Wonoasri Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, serta desain penelitian ini menggunakan Quasi0experimental0design dengan model non-equivalent control group design. Populasi sebanyak 185 siswa, sampel yang diambil 20 siswa, Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dapat dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Ranx Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa ASYMP sig (2-tailed) bernilai 0,00<0,05. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti dapat membuktikan bahwa adanya peningkatan minat studi lanjut siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun sesudah diberikan bimbingan klasikal dengan layanan informasi karir. Sehingga, peneliti dapat menunjukan perbedaan sebelum dan sesudah di berikan bimbingan klasikal dengan layanan informasi karir untuk meningkatkan minat studi lanjut siswa, oleh karena itu dapat dikatakan hipotesis peneliti ini dapat di buktikan akan kebenarannya.

Keywords


Career Information Services, Interest in Advanced Studies

Full Text:

PDF

References


Amin S. M. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Arifin (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisanti D, dan Subhan Mhd. (2018) Journal Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslin di SMP Kota Pekanbaru.

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Journal Konseling GUSJIGANG.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

Kusri M. A. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Peminatan Terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan. Journal Psikologi Pendidikan Konseling.

Mu’awanah, E., dan Hidayah, R. (2009). Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methoeds) Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: