Studi etnobotani purwoceng (viagra of java) di lereng Gunung Lawu, Jawa Timur, Indonesia

Rifqi Wakhid Ifnaini, Puri Ratna Kartini, Weka Sidha Bhagawan

Abstract


Masyarakat pada daerah kec. Poncol, kab, Magetan yang bertepat pada Desa Janggang, Desa Gonggang dan Desa Genilangit ini menggunakan tanaman obat untuk digunakan sebagaio pengobatan. Pada studi etnobotani tanaman obat ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan 60 masyarakat yang berada pada Kec. Poncol yang menggunkan teknik purposive dan snowball sampling. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisi data etnobotani yang digunakan untuk memahami proposi tumbuhan yang tersitasi, yaitu : Spesies use-value (SUV), Family use-value (FUV), fidelity level (FL), dan Plant part value (PPV). Dalam studi ini telah mendapatkan 65 Spesies tumbuhan obat yang termasuk dalam 34 famili yang terdapat 5 jenis tanaman obat yang meiliki nilai SUV dan yang sering digunakan untuk pengobatan. Purwoceng (Pimpinella pruatjan) memiliki SUV tertinggi (0,48). Pada hasil nilai dari FUV yang tertinggi pada Rubiaceae sedangkan pada nilai dari PPV terbanyak pada daun (40%) merupakan bagian dari tumbuhan yang sering digunakan untuk bahan pengobatan dengan menggunakan tanaman obat. Purwoceng (Pimpinella pruatjan) yang berfungsi sebagai tumbuhan untuk khasiat diuretik yang memiliki nilai FL tertinggi (100%).


Full Text:

PDF

References


Anidalia, D., Hernawati, D., & Putra, R. R. (2023). Use Value and Fidelity Level of Ornamental Plants in Tasikmalaya City. Symposium on Biology Education (Symbion), 3, 22–31.

Batubara, R. P., Zuhud, E. A. M., Hermawan, R., & Tumanggor, R. (2017). Nilai Guna Spesies Tumbuhan Dalam Oukup (Mandi Uap) Masyarakat Batak Karo. Media Konservasi, 22(1), 79–86.

Bhagawan, W. S., Barsyaif, U. A., & Hidayat, M. A. (2021). Pendekatan etnobotani tumbuhan obat untuk permasalahan seksual Suku Tengger di Desa Argosari, Lumajang, Indonesia. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia, 14(2).

Darwati, I., & Roostika, I. (2006). Status penelitian purwoceng (Pimpinella alpina Molk.) di Indonesia. Indonesian Ministry of Agriculture.

Hoffman, B., & Gallaher, T. (2007). Importance indices in ethnobotany. Ethnobotany Research and Applications, 5, 201–218.

Ibo, L. K., & Arifa, N. (2021). Ethnomedicine Of Medicinal Plants Used By Tribal Community In Kaliki Village, Merauke-Papua. Al-Kauniyah: Jurnal Biologi, 14(1), 90–100.

Jadid, N., Kurniawan, E., Himayani, C. E. S., Andriyani, Prasetyowati, I., Purwani, K. I., Muslihatin, W., Hidayati, D., & Tjahjaningrum, I. T. D. (2020). An ethnobotanical study of medicinal plants used by the Tengger tribe in Ngadisari village, Indonesia. PLOS ONE, 15(7), e0235886. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0235886

Kasmawati, H., Ihsan, S., & Suprianti, R. (2019). Kajian Etnomedisin Tumbuhan Obat Tradisional Suku Muna Desa Oe Nsuli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Farmasi, Sains, Dan Kesehatan, 5(1), 21–24.

Ningsih, I. Y. (2015). Pengetahuan Etnomedisin Mengenai Tumbuhan Obat Yang Digunakan Oleh Suku Tengger Di Kabupaten Probolinggo Dan Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

Nuraina, E., & Wijaya, A. L. (2014). Analisis Potensi Pariwisata Bendungan Gonggang Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Magetan. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62.

Rusmin, D., SUWARNO, F. C., & DARWATI, I. (2011). Pengaruh Pemberian Ga 3 Pada Berbagai Konsentrasi Dan Lama Imbibisi Terhadap Peningkatan Viabilitas Benih Purwoceng (Pimpinella pruatjan Molk.).

Saranani, S., Himaniarwati, H., Yuliastri, W. O., Isrul, M., & Agusmin, A. (2021). Studi Etnomedisin Tanaman Berkhasiat Obat Hipertensi di Kecamatan Poleang Tenggara Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 7(1), 60–82.

Susilowati, D. N., Ginanjar, H., Yuniarti, E., Setyowati, M., & Roostika, I. (2018). KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFIT TANAMAN PURWOCENG SEBAGAI PENGHASIL SENYAWA STEROID DAN ANTIPATOGEN / Endophytic Bacteria From Purwoceng as Steroid and Antipatogenic Compounds Producers. Jurnal Penelitian Tanaman Industri, 24(1), 1. https://doi.org/10.21082/littri.v24n1.2018.1-10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding Seminar Nasional Program Studi Farmasi UNIPMA (SNAPFARMA) 
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Farmasi Universitas PGRI Madiun
Address: Laboratorium Terpadu UNIPMA Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63151
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNAPFARMA/index
Email: snapfarma@unipma.ac.id
E-ISSN : 3031-3945