ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sogaten Kota Madiun)

Dewi Tri Rahayu, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sogaten Kota Madiun. Dalam Variabel kualitas pelayanan terdapat lima dimensi yang diteliti secara parsial.   Metode penelitian ini menggunakan pendekataan kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat inapd di Rumah Sakit dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 345 responden. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan dimensi Tangible memiliki pengaruh signifikan terdahap kepuasan konsumen, dimensi Reliability memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimensi Responsiveness memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimensi Assurance memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimensi Empathy memilki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan Fasilitas memiliki pengaruh signifikan terdahap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Assurance, Empathy, Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Reliability, Resposiveness, Tangible.

Full Text:

PDF

References


Aji, W. K. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). Skripsi, 1–29.

Aryani, W. (2020). Analisis Dampak Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bpjs Kesehatan) Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1–134. Https://All3dp.Com/2/Fused-Deposition-Modeling-Fdm-3d-Printing-Simply-Explained/

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kertajaya, H. (2003). Empathy Has Significa nt Contribution In Service Studi Kasus pada Spa Martha Tilaar. Jurnal Martha Tilaar Group.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran (edisi 13 jilid 1) (Adi Maulan). Penerbit Erlangga.

Mulyono, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas Dan Customer Loyalty Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta. Relevance: Journal of Management and Business, 2(2), 241–250. https://doi.org/10.22515/relevance.v2i2.1861

Nani, S., & Wolok, T. (2014). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Bank Sinar Mas cabang Gorontalo. Juminten, 3(2), 25–36.

Qomariah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan & Citra Terhadap Universitas. In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, p. 178).

Ritonga, H. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Skripsi Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara, 13–14.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa Edisi Pertama: Cetakan Ketiga. Penerbit Bayumedia Publising.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan DBesto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan).26(01),105–122.

Utari, P. S., & Firmansyarah, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayyanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(2), 60–78. https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/article/view/198

Wibisono, A. (2015). Fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro semarang 2015.

Wicaksono, T. (2017). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Upik Futsal Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.31602/atd.v1i2.913

Wiratama. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Peserta BPJS Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Pusat H.Adam Malik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun