Disruption proses belajar pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah

Jonni Siahaan

Abstract


Pendekatan belajar yang konvensional, sebaiknya sudah harus ditinggalkan, dan secara perlahan berusaha meningkatkan target atau hasil belajar berupa domain kognitif, psikomotor dan afektif berbasis digital. Dalam konteks ini, mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga di semua jenjang pendidikan, sudah harus dimulai diselenggarakan berbasis digital dengan pendekatan proses belajar yang inovatif dan kreatif. Disruption proses belajar pendidikan jasmani dan olahraga harus disikapi sebagai peluang atau keuntungan untuk meningkatkan hasil belajar yang mampu mencetak SDM yang siap bersaing dalam era disrupsi seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Olehkarena itu, proses belajar pendidikan jasmani dan olahraga harus berubah dengan pendekatan yang inovatif dan kreatif setiap saat sehingga proses belajar menjadi menyenangkan dan menarik bagi peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2004). Learning To Teach. Sixth Edition. Mc Graw Hill, New York.

Barrow H. M & McGee, R, (1979). A. Practical Approach Measurement in Physical Education. Third Edition. Lea & Febiger, USA.

Coker, A. C (2004). Motor Learning and Control for Practitioners. The McGrow Hill Companies, Unites State.

Drowatzky, J. N (1981). Principles And Practices. Second Edition. Burgess Publishing Company Minnapolis, Minnesota, The University Of Toledo Ohio.

Gallahue, D. L dan Ozmun, J. C, (1997). Understanding Motor Development. Infants, Children, Adolescent, Adults. Fourth Edition, Mc Graw Hill, Iowa.

Hamalik, O (1994). Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara, Bandung.

Hergenhahn B. R & Olso, M. H, (2008). Theory Of Learning (Teori Belajar), Edisi Ketujuh, Fajar Interpratama Offset, Jakarta.

Kasali, R. (2018). Self Disruption. Cetakan 1, Penerbit Mizan, Jakarta.

Kasali, R. (2018). Disruption. Penerbit PT Gramedia, Pustaka Utama Jakarta.

Kasali, R. (2018). Tomorrow Is Today. Penerbit Mizan, Cetakan ke-5, Jakarta.

Kristiyanto, A, (2012). Pembangunan Olahraga. Untuk Kesejahteraan Rakyat Dan Kejayaan Bangsa. Penerbit Yuma Pustaka, Cetakan ke-1 Surakarta.

Kristiyanto, A & Saiful, (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Cetakan I, UPT UNS Press, Semarang.

Krotee, M. L & Bucher, C. A, (2007). Management of Physical Education and Sport. Thirteenth Edition. Mc GrawHill United State.

Magill, Richard A, (1993). Motor Learning. Concept And Applications, Fourth Edition, Wm C. Brown Communication Inc, USA.

Magill, Richard A (2001). Motor Learning. Concept And Applications, Six Edition, Wm C. Brown Communication Inc, Singapore.

Magill, Richard A. (2003). Motor Learning. Concept And Applications, Seventh Edition, Published Mc Graw Hill, Singapore.

Melograno, V. J (1996). Designing The Physical Education Curriculum. Third Edition. Human Kinetics, USA.

Morrow, J. R., Jackson, A. W., Disch, J. G & Mood, D. P (2000). Measurement And Evaluation Performance. Second Edition, Human Kinetics, UK

Mulyasa H. E, (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Rivai, V & Murni, S. (2009). Education Management. Anaslisis Teori dan Praktek. Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Rosdiani, D. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Cetakan ke-IV Rajawali Press. PT Grafindo Persada. Jakarta.

Sharkley, B. J (2011). Kebugaran dan Kesehatan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siedentop, D. (1994). Introduction to Physical Education. Second Edition. Mayfield Publishing Company, Mountain View California.

Singer, Robert N. (1982). The Learning Of Motor Skills. MacmillanPublished, USA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Biro Human dan Hukum, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Tahun 2010.

Uwe, P & Gerber, M, (2005). International Comparison of Physical education. Concept-Problems -Prospect, Meyer & Meyer Sport, USA

Watt, D. C (1998). Sport Management and Administration. First Published, Simultaneously Published, USA dan Canada.

Watt, D. C (1998). Spor Management and Administration. First Published, Simultaneously Published, USA and Canada.

William, J. M (1998). Applied Sport Psychology. Personal Growth to Peak Performance. Mayfield Publishing Company. California.

Wolinsky, I & Driskell, J. A, (2008). Sport Nutrition, Energy Metabolism and Exercise. CRC Press, USA.

Yulaelawati, E. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Filosofi Teori dan Aplikasi. Cetakan ke-2, Penerbit Pakar Raya, Jakarta.

Yulaelawati, E. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Filosofi Teori dan Aplikasi, Cetakan ke-II, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.