Sistem Klasifikasi Jenis Pisang Berdasarkan Ciri Warna HSV Menggunakan Metode K-NN

Nur Nafi'iyah

Abstract


Pada penelitian ini, dirancang suatu sistem yang bertujuan untuk membantu melakukan klasifikasi jenis pisang berdasarkan warna HSV. Proses ini diawali dengan melakukan segmentasi mengubah citra menjadi HSV. Proses berikutnya adalah ekstraksi ciri. Proses terakhir adalah klasifikasi dengan menggunakan metode K-NN (K-Nearest Neighbor). Proses klasifikasi ini menentukan citra masuk ke dalam kelas jenis pisang. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 pisang yang terdiri dari 50 pisang data testing dan 50 pisang data training. 50 pisang data training terdiri dari kelas pisang ijo sebanyak 15 pisang, kelas sobo pipit sebanyak 10 pisang, kelas tandes sebanyak 5 pisang, kelas raja uli sebanyak 10 pisang dan kelas raja sebanyak 10 pisang yang mana data tersebut akan menjadi acuan nilai klasifikasi dan disimpan dalam database. Akurasi yang didapatkan sebesar 82% dengan hasil Jumlah data sesuai sebanyak 41 pisang dan data yang tidak sesuai untuk kelas hijau sebanyak 9 pisang.

Full Text:

PDF

References


Andri, Paulus, Ng Poi Wong, Toni Gunawan. (2014). Segmentasi Buah Menggunakan Metode K-Means Clustering dan Identifikasi Kematangannya Menggunakan Metode Perbandingan Kadar Warna. Sifo Mikroskil, 91-100.

Anggie Wibowo, Rini Indriati, Resty Wulanningrum. (2017). Sistem Pengenalan Pola Motif Batik Kediri. Kediri: Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Anton Yudhana, Sunardi, Shoffan Saifullah. (2016). Perbandingan Segmentasi pada Citra Asli dan Citra Kompresi Wavelet untuk Identifikasi Telur. Jurnal Ilmiah Ilkom, 190-196.

Ruslianto, I. (2013). Klasifikasi Telur Ayam dan Telur Burung Puyuh Menggunakan Metode Connected Component Analysis. Jurnal Ilmiah SisfoTenika, 41-50.

Shoffan Saifullah, Sunardi, Anton Yudhana. (2016). Analisis Perbandingan Pengolahan Citra Asli dan hasil Croping untuk Identifikasi Telur. JUTISI, 341-350.

Syahrul Awalludin Sidiq, Dessy Irmawati. (2016). Pengolahan Citra untuk Identifikasi Telur Berdasarkan Ukuran. Elinvo, 151-156.

Yanuar Putu Wiharja, Agus Harjoko. (2014). Pemrosesan Citra Digital untuk Klasifikasi Mutu Buah Pisang Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. IJEIS, 57-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.