SISTEM KLASIFIKASI KUALITAS BIJI JAGUNG BERDASARKAN TEKSTUR DENGAN METODE DISCRET WAVELET TRANSFORM DAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

Jihad Ardiansyah

Abstract


Mutu jagung menjadi salah satu persyaratan utama bagi industri pakan. Pada umumnya, proses penentuan kualitas benih yaitu biji jagung dilakukan secara manual dengan pengamatan visual. Proses tersebut menghasilkan penilaian berdasarkan sudut pandang masing-masing pengamat yang cenderung subjektif. Penilaian subjektif ini membutuhkan waktu yang lama dan kondisi pengukuran harus tepat, sehingga hasil pengamatan akan berbeda-beda tergantung pada penglihatan mata maupun presepsi visualnya, serta latar belakang pengamat dan faktor lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam penelitian, dirancang sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan biji jagung berdasarkan tekstur berbasis pengolahan citra digital, sehingga didapatkan hasil yang objektif dan tepat. Data citra yang diperlukan adalah sampel biji jagung kering dengan menggunakan metode Discrete Wavelet Transform, dan untuk klasifikasi citra biji jagung menggunakan Support Vector Machine. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan akurasi sebesar 93,33% dengan waktu komputasi 0,6384s pada parameter ektraksi ciri DWT orde satu yaitu Mean, Variance, Skewness, Kurtosis, dan Entropy dengan subband LL, level 2 dekomposisi wavelet, jenis kernel Linear dan multiclass OAO pada SVM. Dengan adanya sistem ini, dapat dijadikan standar akurasi yang tepat dalam pengukuran kualitas biji jagung

Full Text:

PDF

References


Bustomi, M. Arief, and Ahmad Zaki Dzulfikar. 2014. “Analisis Distribusi Intensitas RGB Citra Digital Untuk Klasifikasi Kualitas Biji Jagung Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan.” Jurnal Fisika dan Aplikasinya 10(3): 127.

Effendi, M., M. Jannah, and U. Effendi. 2019. “Corn Quality Identification Using Image Processing with K-Nearest Neighbor Classifier Based on Color and Texture Features.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 230(1).

Gupta, Dipalee, and Siddhartha Choubey. 2015. “Discrete Wavelet Transform for Image Processing.” IEEE Trans on comm. 4(3): 3165–68. http://ieeexplore.ieee.org/xpl/articleDetails.jsp?tp=&arnumber=5414406&contentType=Conference+Publications&queryText=vosoughi+icip.

Indonesia, Standar Nasional. 1998. “SNI 01-4483-1998 Jagung Bahan Baku Pakan BADAN STANDARDISASI NASIONAL - BSN.” : 1 dan 2.

Muhadjir, F. 2009. “Budidaya Tanaman Jagung.” Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor. 423 hal: 21.

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika.

Nugroho, Anto Satriyo, Dwi Handoko, and Arife B Witarto. 2005. “Analisa Informasi Dimensi Tinggi Pada Bioinformatika Memakai Support Vector Machine.” Proc of National Confererence on Information And Communication Technology (ICT) for Indonesia: 427–35.

Nurtantio Andono, Pulung, T. Sutojo, and Muljono. 2017. Pengolahan Citra Digital. ed. Arie Pramesta. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Paeru, Rudi H., and Trias Qurnia Dewi. 2017. Panduan Praktis Budidaya Jagung.

Sembiring, Krisantus. 2007. “Penerapan Teknik Support Vector Machine Untuk Pendeteksian Intrusi Pada Jaringan.” Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.