Implementasi pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum merdeka belajar di sma n 1 nglames kabupaten madiun

Linda Ayu Renggani, Muhammad Hanif, Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran sejarah di SMA N 1 NGLAMES, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan SMA N 1 NGLAMES tentang implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagai kurikulum baru ada perbedaan saat pelaksanaan sistem pembelajaran di dalam kelas. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 di SMA N 1 NGLAMES sejak tahun 2022 menuntut siswa untuk lebih aktif di kelas dengan diskusi dalam penuntasan materi yang disampaikan oleh guru. Metode pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning yang merupakan pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa dituntut untuk berkreasi dalam penyampaian hasil diskusi. Kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia kelas 10 adalah bahwa Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud pada tahun 2020 sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam menghasilkan projek yang disesuaikan dengan diskusi. Beberapa guru masih mengalami kendala dalam penerapan proses belajar di kelas karena keterbatasan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.


Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Alfalah, XVII(32). https://doi.org/https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37–46. https://publikasipips.ulm.ac.id/index.php/tmkm/article/download/428/92%0A

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo Cakra Books.

Rahmawati, FD, Sutiyah ,& Abidin, N. (2022. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Kelas X Di SMA Penggerak Surakarta. Candi, 22(1), 80–94.

Redana, ND & Suprapta, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Singaraja. Locus, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1239.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Linda Ayu Renggani, Muhammad Hanif, Khoirul Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.