Analisis Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Sekar Utami, Yunni Arnidha, Endang Wahyuni

Abstract


Kemampuan literasi dalam era digital memiliki urgensi bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan literasi yang penting dimiliki oleh siswa adalah literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi numerasi yang dimiliki oleh siswa kelas 4 sekolah dasar. Indikator kemampuan literasi numerasi digunakan untuk melihat bagaimana literasi numerasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sidoharjo. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas 4 Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi numerasi yang dimiliki siswa masih rendah. Berdasarkan 3 indikator kemampuan literasi numerasi siswa hanya mampu pada indikator 1 yang memuat tentang analisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram.

Keywords


Literasi Numerasi, Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019. “Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 9(2):190–203.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Dedy, Endang, and Encum Sumiaty. 2017. “Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle Dan Learning Trajectory.” Jurnal Review Pembelajaran Matematika 2(1):69–80. doi: 10.15642/jrpm.2017.2.1.69-80.

Ekawati, Aminah, Winda Agustina, and Fahriza Noor. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram.” Lentera: Jurnal Pendidikan 14(2):1–7. doi: 10.33654/jpl.v14i2.881.

Indria, Anita. 2020. “Multiple Intelegency.” Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):235.

Kemendikbud. 2017. “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 8(9):1–58.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari. 2021. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3(1):9. doi: 10.32585/absis.v3i1.1385.

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sekar Utami, Yunni Arnidha, Endang Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.