Pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK PGRI 1 Ngawi

Merlian Ristama, Teja Insyaf Sukariyadi, Indriyana Dwi Mustikarini

Abstract


Di masa pandemi ini teknologi digital tidak hanya berpengaruh pada perekonomian saja tetapi juga sangat berpengaruh besar pada pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Kualitas pembelajaran di tengah pendemi ini harus tetap dijaga agar semua berjalan dengan yang diinginkan. Berdasarkan pada hasil observasi di SMK PGRI 1 Ngawi, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini guru mengajar menggunakan media e-learning (google classroom) agar memudahkan pada saat KBM (kegiatan belajar mengajar). Jenis penelitian yang digunakan yait penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI KGSP dan XI DPIB SMK PGRI 1 Ngawi yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa XI KGSP dan 20 siswa XI DPIB. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket (kuesioner) yang diberikan kepada siswa/siswi serta teknik analisi data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siswa/siswi kelas XI SMK PGRI 1 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-learning (google classroom) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn SMK PGRI 1 Ngawi Kabupaten Ngawi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji coba a=5% thitung  -9,292 < -2,101   ttabel.


Keywords


Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal pendidikan vokasi, 3(1).

PRIAMBODO, C. G. (2015). Pengaruh penerapan e-learning terhadap peningkatan motivasi dan efektivitas belajar menurut keragaman siswa dan orang tua: studi kasus SMALB Pangudi Luhur Jakarta. Faktor Exacta, 6(1), 1-16.

Putri, D. P. E. (2019). Implementasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Era Milenial. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 86-92.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Merlian Ristama, Teja Insyaf Sukariyadi, Indriyana Dwi Mustikarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.