Implementasi media pengembangan permainan papan ular naga untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa

Anisa Putri Ardianti, Vitaronika Anjelita, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Permainan tradisional memiliki peran edukasi yang sangat manusiawi bagi proses belajar seorang individu, terutama siswa-siswa. Salah satu kemampuan siswa yang harus ditingkatkan adalah kemampuan kognitif. Dengan pengetahuan yang dimilikinya siswa dapat memecahkan masalah dan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran modul interaktif sebagai pendukung pembelajaran teori pengelasan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran modul interaktif untuk pembelajaran “IMPLEMENTASI MEDIA PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN ULAR NAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA”. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kepada siswa SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran permainan papan ular naga dapat mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui permainan  tersebut. Selain pembelajaran yang menarik dan bermakna, siswa juga sangat senang dan antusias saat mengikuti pembelajaran, dengan pembelajaran menggunakan media permainan papan ular naga siswa yang tertangkap akan memilih tempat kartu yang sudah diberi nomor dan mengambil kartu sesuai nomor tersebut, kemudian siswa yang tertangkap membacakan puisi sesuai dengan judul yang sudah ditentukan dalam katu tersebut. Hal ini agar membuat siswa untuk senang membaca puisi dan membaca puisi bisa membuat siswa berlatih imajinasi, puisi juga membuat siswa semakin banyak wawasan.


Keywords


Bermain Ular Naga. Kemampuan Kognitif

Full Text:

PDF

References


Nur’Aini, T. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Ular Tangga pada Anak Kelompok B di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember.

Driam. (2021). Manfaat Puisi Untuk Anak SD. URL: https://www.scribd.com/document/539989912/Manfaat-Puisi-Untuk-Anak-SD. Diakses Tanggal 20 Juli 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anisa Putri Ardianti, Vitaronika Anjelita, Asri Musandi Waraulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.