Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP

Rahma Niar Kurniastuti, Nuswantari Nuswantari, Yoga Ardian Feriandi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran bagaimana  Implementasi Profil Pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan Karakter pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode Deskriptif Kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan Profil pelajar pancasila dapat digunakan sebagasalah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa.Karena dengan adanya Profil Pelajar Pancasila, dapat menumbuhkan karakter pada siswa yang sesuai dengan sila-sila dalam pancasila.Sehingga para siswa dapat memiliki karakter yang baik sesuai dengan sila-sila dalam Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.Sebagai contohnya yakni dengan adanya kegiatan Gerakan Disiplin Siswa (GDS), Baca Buku Menyenangkan (BBM), Kamis Menulis (Literasi), Religi hari Jum’at.


Keywords


Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (cetakan kesatu). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Danial, E., & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dwi Mustikarini, I., & Feriandi, Y. A. (2020). Konfigurasi Pendidikan Kewarganegaraan Ekologi Perspektif sosio-kultural (Gagasan Pembentukan Pendidikan Kewarganegaraan Kontium Maksimal di Indonesia). Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5 nomor 2, 54–64. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp54- 64

Eni, S., Saleh, S & Suyitno.(2021).Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Belajar.Jurnal Teknodik,25(2) Hal: 155-167.

Samrin.(2021).Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik.Jurnal Shautut Tarbiyah,27(1) Hal: 77-98.

Samsul, A.(2021).Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era MIlenial.Tesis tidak diterbitkan.Purwokerto.Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwekerto.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sofia, I.R& Moh.Gufron.(2019).Analisis Faktor Yang Menghambat Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 02 Serut..Jurnal Ilmu-ilmu Sosial,16(2) Hal:124-132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahma Niar Kurniastuti, Nuswantari Nuswantari Nuswantari, Yoga Ardian Feriandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.