Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan metode Glenn Doman berbantuan multimedia interaktif pada siswa kelas V sekolah dasar

Fanny Fadhillah Alfaizal, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Kemampuan membaca merupakan aspek penting dalam pertumbuhan anak yang perlu dirangsang sejak dini. Aktivitas membaca memiliki nilai signifikan bagi perkembangan anak, menawarkan wawasan luas dan memudahkan proses belajar. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kemampuan membaca sesuai dengan fase pertumbuhan anak. Salah satu pendekatan yang cocok adalah Metode Glenn Doman, yang melibatkan penggunaan kartu flash untuk mengajarkan membaca dan huruf kepada anak-anak. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan daya imajinatif anak. Metode ini juga membantu guru dan orang tua memahami dunia sekitar bersama anak-anak. Penelitian ini dilakukan di SDN Selopuro 1, tujuan dari penulisan  yaitu untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan metode Glenn Doman berbantuan multimedia interaktif khususnya bagi siswa kelas V yang belajar di SDN Selopuro 1. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa penerapan metode Gleen Doman berbantuan dengan multimedia interaktif dengan mengunakan flash card siswa dapat menarik perhatian siswa dan juga dapat membantu siswa lebih mudah mengingat kata, dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Keywords


Kemampuan membaca; metode Gleen Doman; multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. 2.

Gustiwati Z, R. (2019). Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Fabel di Kelas Awal Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 151. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v19i2.661

Hartati, Y., Dewi, N. K., & Affandi, L. H. (2022). Pengembangan Media Big Book Berbasis Cerita Rakyat Lombok Batu Golog Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di SDN Kumbak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2094–2104. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.899

Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. 5(4).

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2018). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMAN 1 Bluluk Lamongan. 7(1).

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1).

Wulandari, N. M. R., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2287–2298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.