Pengembangan media pembelajaran aplikasi torso (APTOR) berbasis android pada pembelajaran IPA kelas V materi alat gerak manusia

Andryan Maulana Hermanto, Candra Dewi, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Pembelajaran IPA di sekolah dasar memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi kemampuan siswa. IPA memiliki karakteristik yaitu belajar IPA memerlukan alat, terutama untuk menunjang pembelajaran. Pembelajaran IPA juga memiliki tujuan yakni membekali peserta didik mencintai Tuhan, memberikan pemahaman kepada siswa tentang alam semesta, Menciptakan keterampilan yang berguna untuk siswa, Mengatasi masalah yang dihadapi siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang merupakan salah satu model sistem pembelajaran yang memperlihatkan tahapan- tahapan sederhana dan mudah dipahami. Model ADDIE ini terdiri dari lima fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.Media Aplikasi Torso berbasis android dapat meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik terhadap materi alat gerak manusia,pembelajaran menjadi inovatif,kreatif,dan tentunya efektif. Media pembelajaran Aplikasi Torso berbasis android sangat baik digunakan dalam materi IPA Kelas V yang dinyatakan valid oleh validator serta dianggap efektif dan praktis oleh guru kelas V Sekolah Dasar SDN Pilangbango Kota Madiun.

Keywords


IPA; research & development; ADDIE; torso; android; validator

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017) ‘Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran’, Lantanida Journal, 4(1), pp. 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Asmiatun, Siti dan Astrid Novita Putri. 2017. Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta:CV Budi Utama.

Hastri, Rosiyanti dan Rahmita Nurul Muthmainnah. 2018. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol.4 no.1 pp: 25-36. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Hayati, N. (2020) ‘Penggunaan Alat Peraga Torso Pada Materi Sistem Gerak Manusia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2016/2017’ , Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1493

Hendriyani, Yeka dan Karmila Suryani. 2019. Pemograman Android Teori & Aplikasi. Jawa Timur : Qiara Media. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8384

Hisbullah, dan Nurhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Sulawesi Selatan : Aksara Timur

Irna, Agustina Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni Dandan Luhur Saraswati. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Volume 3. Nomor 1, Juni 2017. Hlm 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era RevoluusiIndustry 4.0. Yogyakarta: Laksana

Karo-Karo, I.R. and Rohani, R. (2018) ‘Manfaat media dalam pembelajaran’, AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kristiyono, J. (2015) ‘Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat’, Scriptura, 5(1), pp. 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30.

Laksana, D.N.L. (2016) ‘Miskonsepsi dalam materi IPA sekolah dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), pp. 166–175. https://doi.org/10.23887/jpi- undiksha.v5i2.8588.

Lusidawaty, V. et al. (2020) ‘Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Mariyati, D.M. (2022) ‘Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android tema organ gerak hewan dan manusia untuk kelas v sekolah dasar/Dwiki Mariyati’. Universitas Negeri Malang. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p991-1002.

Muhson, A. (2010) ‘Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi’, Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Novita, L., Sukmanasa, E. and Pratama, M.Y. (2019) ‘Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD’, Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), pp. 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurhayati, R. and Tanzila, A.N. (2020) ‘Konsep Dasar Media Pembelajaran’, JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), pp. 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11

Pamoedji, Andre Kurniawan, Maryuni dan Sanjaya. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan virtual Reality (VR) DenganUnity 3D. Jakarta:Alex Media Komputindo.

Prasetyo, S. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI’, JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.29

Tafonao, T. (2018) ‘Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), pp. 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wardhani, P.A. (2015) ‘Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 58–67. https://doi.org/10.21009/JPD.061.06

Widiana, I.W. (2016) ‘Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), pp. 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yektyastuti, R. and Ikhsan, J. (2016) ‘Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), pp. 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Yuliati, Y. and Lestari, I. (2019) ‘Penerapan model Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200

Han, I. (2020) ‘Immersive virtual field trips in education: A mixed‐methods study on elementary students’ presence and perceived learning’, British Journal of Educational Technology, 51(2), pp. 420–435. https://doi.org/10.1177/07356331211068207

Aschbacher, P. R., & Ing, M. (2017). Who Wants to Learn More Science? The Role of Elementary School Science Experiences and Science Self-Perceptions. Teachers College Record, 119(8), 1–24. https://doi.org/10.1177/016146811711900808

Kuatbekov, A., Vershitskaya, E., Kosareva, I., & Ananishnev, V. (2021). E-Learning sebagai dasar pengembangan kompetensi media pada siswa. Jurnal Ilmu Informasi , 0 (0). https://doi.org/10.1177/01655515211040656

Gelmez Burakgazi, S., & Yildirim, A. (2014). Accessing Science Through Media: Uses and Gratifications Among Fourth and Fifth Graders for Science Learning. Science Communication, 36(2), 168–193. https://doi.org/10.1177/1075547013505847

Đokić, O. J., Boričić, M. M. D., & Jelić, M. S. (2022). Comparing ICT With Physical Manipulative Supported Learning of 3D Geometry in Elementary School. Journal of Educational Computing Research, 59(8), 1623–1654. https://doi.org/10.1177/07356331211001319


Refbacks

  • There are currently no refbacks.