Pengaruh E-Modul (Elektronik LKPD) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-modul (elektronik LKPD) terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasy eksperimental design yaitu nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 216 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa yang terdiri dari kelas IV C dan kelas IV F. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan jenis probability sampling yaitu cluster random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan tes (pre-test dan post-tes) untuk pengumpulan data responden. Peneliti menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data. Bedasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka terbukti pada perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 87,36 dan kelas kontrol sebesar 83,33. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan syarat hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sig. 0,004 < 0,05 dengan hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-modul (elektronik LKPD) terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Rosyida Nurul. (2022). “Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(1):98–109.
Erick Suryadi, Pande Gede, Ketut Agustini, and Nyoman Sugihartini. (2019). “Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 7(3):302-14. doi: 10.23887/janapati.v7i3.13433.
Kuncahyono. (2018). “Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran.” Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education 2 (2) 218-31. doi: 10.32934/jmie.v2i2.75.
Marwa, Neneng Widya Sopa, Herlina Usman, and Baina Qodriani. (2023). “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka.” METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 18(2):54–65. doi: 10.17509/md.v18i2.53304.
Nevianti. (2022). “Pengaruh Pembelajaran IPA Menggunakan E-Modul Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Tonjo Kepulauan Selayar.” 33(1):1–112.
Nurmaliza, Yesi, Edy Susanto, and Diah Selviani. (2021). “Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital.” 2(1):12–16. doi: 10.37676/joder.v2i01.1398.
Purnawanto, Ahmad Teguh. (2022). “Perencanaan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pedagogy 20(1):75–94
Safitri, Ardila, Mika Dwi Permata, and Insih Wilujeng. (2021). “The Effect of Using the E-Module Assisted by the Kvisoft Flipbook Maker in Improving Student ’ s Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic.” (541):545–51. doi: 10.2991/assehr.k.210326.078.
Sari, Rika Kurnia, and Nyoto Harjono. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(1):122-30. doi: 10.23887/jp2.v4i1.33356.
Sholekah, F. F. (2020). “Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. doi: 10.53515/CJI.2020.1.1.1-6
Simbolon, Muhammad E. M., Nerri Lestari, Tungki Armanto, and Bayu Alfarras. n.d (2021). “Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual Saat Pandemi Covid – 19 di Bangka Belitung." Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi Dan Pengel.” 1–8. doi: 10.31602/rjpo.v4i1.4231.
Yulaika, Nina Fitriya, Harti, and Norida Canda Sakti. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 4(1):67–76. doi: 10.26740/jpeka.v4n1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.