Implementasi model project based learning (PjBL) untuk peningkatan literasi sains pada pembelajaran IPA di sekolah dasar

Melisa Diah Permatasari, Rissa Prima Kurniawati, Elly's Mersina Mursidik

Abstract


Literasi sains adalah aspek penting dari pendidikan di abad kedua puluh satu. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk mengidentifikasi pembenaran teoretis untuk paradigma pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan literasi sains dan pengetahuan dasar. Kajian ini menghubungkan perspektif saintifik pada teori pembelajaran berbasis masalah dengan konteks literasi sains melalui kajian literatur. Menemukan masalah, merumuskan solusi masalah, melakukan penelitian, menyusun laporan, dan merefleksi adalah lima proses pembelajaran berbasis masalah, menurut beberapa alasan. Menemukan kesulitan mengundang karakter untuk berinteraksi dengan situasi dunia nyata secara langsung, yang membantu anak-anak memahami suatu masalah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi lahir ketika suatu masalah dirumuskan karena mengajarkan siswa untuk menghubungkan penyebab masalah dan sebab-sebabnya. Melakukan penelitian untuk mengajar siswa untuk mendekati tantangan secara ilmiah daripada dalam isolasi. Mengumpulkan informasi untuk mengajar siswa bagaimana bernalar secara logis dan deduktif atau induktif. Siswa berlatih refleksi sehingga terbiasa untuk kembali dan meninjau prosedur penelitian ilmiah sebelum membuat kesimpulan.

Keywords


Literasi sains; model project based learning (PjBL); pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Alghofiqi, M. I., Pasani, C. F., & Putri, R. F. (2021).Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal dan Karakter Rasa Ingin Tahu The Development Teaching Materials of Vibration Wave and Sound Based on Literacy Science With Local Wisdom and Character Curiosity. 1(1), 37–43

Amita, P., Prasasti, T., & Listiani, I. (2015). Sets : Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy. 228–233.

Asri, I. G. A. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Bassed leaarning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi. 23(1), 73–82.

Budiono, A., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2021). Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. 8(293), 58–67. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p058

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. 2(1), 55–65.

Farida, I., Hadiansah, Mahmud, & Munandar, A. (2017). Project bassed leaarning design for internalization of environmental literacy with islamic value. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 277-284. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9452

Fatmawati, I. N., & Utari, Setiya. (2015). Penerapan Levels of Inquiry untuk memahami teori ilmiah Siswa SMP Tema Limbah dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal EDUSAINS , Vol. 7 No. 2, 152-159.

Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Jurnal basicedu. 5(6), 5631–5639.

Mahadiraja, D. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T . P 2019 / 2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. 06(01), 77–82.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Prabowo, Singgih, A. E. P. (2013). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 77–85.

Puji, D., & Asiyah, H. (n.d.). PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa : Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PJBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul. 7(1), 17–25.

Rahmasari, N., Istyadji, M., & Sauqina. ( 2023, june). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,, 9(11), 355-367. doi:DOI:https://doi.org/10.5281/zenodo.8088757p

Safira, C. A., Setiawan, A., Citrawati, T., & Madura, U. T. (2017). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. 2017, 388–395.

Saputri, D. I. (2022). Pentingnya Peran guru profesional dalam meningkatkan pendidikan. 1–12.

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Bassed leaarning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Syofyan, H., & Amir, T. L. 2019. Penerapan literasi sains dalam pembelajaran ipa untuk calon guru sd.

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Tias, I. wulandari utamininh. (2019). Penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. September. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Turdjai. (2016). Pengaruh Pendaekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Effect Of Learning Approach On Student 15(2), 17–29.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Bassed leaarning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa 3 . Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek Proses Dan Hasil Proyek Laporan Dan Presentase Publikasi Hasil Proyek 4 . Penyelesaian Proyek Dengan Fasilitas dan Mo. 5(1), 84–88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.