Model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif seni rupa plastisin SD kelas VI tahun pelajaran 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astri, E. K, Siburian, J. & Hariyadi, B. (2020). Pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 08, No. 01. Hal: 51-59.
Fitri, H. Dasna, I. W. & Suharjo. (2018). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas IV sekolah dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3, No. 2. Hal: 201-212
Fitriyah. A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (project based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Perspektif Mahasiswa. Vol. X, No. 1. Hal: 209-226.
Harefa, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fisiska. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 14, No. 1. Hal: 116- 131.
Kalsum. Fatmawati, B., & Marhamah. (2022). Pengaruh model inquiri terbimbing dipandu dengan metode proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasl belajar kognitif siswa. Bioscients: Jurnal Ilmiah Biologi. Vol. 10, No. 1. Hal: 459-489
Lestari. Nasir, M. & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didikan kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). Vol. 5, No. 4. Hal: 1183-1187.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam. Vol. 2, No. 1. Hal: 14-23.
Ningsih, M. Y., & Sartika, (2021). Pengaruh model project based learning terhadap berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains(JIPS). Vol. 2, No. 2. Hal: 42-51.
Nurhikmayati, I. & Sunendar, A. (2021). Pengembangan project based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 1. Hal: 1-12.
Nurjanah., Cahyana, U. & Nurjanah. (2021). Pengaruh penerapan online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV pada pelajaran IPA. Buana Pendidika. Vol. 17, No. 1. Hal 51-58.
Pangestu, Y. D. A. & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik kelas V. Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Hal: 162-176.
Permana, F. H., & Setyawan, D. (20219). Implementasi mind mapping melalui project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. J. Pijar MIPA, Vol. 14, No. 1, Hal: 50-54
Renandika, A. Nuriman., & Mahmudi. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikiir kreatif siswa kelas 5 di SD Sumber Pinang 02 Jember.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dan problem based learning (PBL) berbantuan media monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1. Hal:185-193.
Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W. & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan ketermapilan berpikir kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3
Siskawati, G. H. Mustajdi., & Bachri, B. S (2020). Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran online. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 5, No. 2. Hal: 31-42.
Sudrajat, R. T., & Wuryani, W. (2019). Model pembelajaran kalimat menggunakan pendekatan kooperatif berbasis karakter di IKIP Siliwangi-Bandung. Semantik. Vol. 8, No. 1. Hal: 29-36.
Sukmawijaya. Suhendar., & Juhanda. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran STEM-PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pad amateri pencemaran lingkungan: BioedUNI: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Vol. 9, No.9
Sularni, Utomo, D.H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 3, No. 4. Hal 475-479.
Susanti. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa pada materi nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 18, No. 1. Hal: 36-42.
Winarti, N. Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8, No. 3.
Winata, K. A. & Hasanah, A. (2021). Implementasi model pembelajaran interaksi sosial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan. Vol. 9, No. 1. Hal: 22- 32.
Winata, K. A., Solihin, I. Ruswandi. U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam dalam pembelajaran PAI melalui model pembelajaran kontekstual. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3, No. 2. Hal: 82-92.
Refbacks
- There are currently no refbacks.