Model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif seni rupa plastisin SD kelas VI tahun pelajaran 2022/2023

Galuh Puji Lestari, Raras Setyo Retno, Soeprjadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan yang mana untuk mengetahui dari pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif seni rupa plastisin SD Kelas VI tahun pelajaran 2022/2023. Data yang digunakan adalah data primer yaitu 1).RPP pembelajaran berbasis proyek dan konvensional berbasis tes kemampuan berpikir kreatif; 2).LKPD berbasis proyek dan saintifik, serta dengan menggunakan rubrik penilaian hasil tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIA sejumlah 30 siswa dan kelas VI B sejumlah 30 siswa, sehingga sampel penelitian yang digunakan di SD Negeri 1 Winongo berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan independent t test. Data diolah menggunakan IBM SPSS Statistics v.18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif seni rupa plastisin VIA SD 01 Winongo tahun pelajaran 2022/2023.

Keywords


Model pembelajaran berbasis proyek; kemampuan berpikir kreatif; seni rupa plastisin

Full Text:

PDF

References


Astri, E. K, Siburian, J. & Hariyadi, B. (2020). Pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 08, No. 01. Hal: 51-59.

Fitri, H. Dasna, I. W. & Suharjo. (2018). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas IV sekolah dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3, No. 2. Hal: 201-212

Fitriyah. A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (project based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Perspektif Mahasiswa. Vol. X, No. 1. Hal: 209-226.

Harefa, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fisiska. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 14, No. 1. Hal: 116- 131.

Kalsum. Fatmawati, B., & Marhamah. (2022). Pengaruh model inquiri terbimbing dipandu dengan metode proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasl belajar kognitif siswa. Bioscients: Jurnal Ilmiah Biologi. Vol. 10, No. 1. Hal: 459-489

Lestari. Nasir, M. & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didikan kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). Vol. 5, No. 4. Hal: 1183-1187.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam. Vol. 2, No. 1. Hal: 14-23.

Ningsih, M. Y., & Sartika, (2021). Pengaruh model project based learning terhadap berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains(JIPS). Vol. 2, No. 2. Hal: 42-51.

Nurhikmayati, I. & Sunendar, A. (2021). Pengembangan project based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 1. Hal: 1-12.

Nurjanah., Cahyana, U. & Nurjanah. (2021). Pengaruh penerapan online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV pada pelajaran IPA. Buana Pendidika. Vol. 17, No. 1. Hal 51-58.

Pangestu, Y. D. A. & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik kelas V. Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Hal: 162-176.

Permana, F. H., & Setyawan, D. (20219). Implementasi mind mapping melalui project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. J. Pijar MIPA, Vol. 14, No. 1, Hal: 50-54

Renandika, A. Nuriman., & Mahmudi. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikiir kreatif siswa kelas 5 di SD Sumber Pinang 02 Jember.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dan problem based learning (PBL) berbantuan media monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1. Hal:185-193.

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W. & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan ketermapilan berpikir kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3

Siskawati, G. H. Mustajdi., & Bachri, B. S (2020). Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran online. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 5, No. 2. Hal: 31-42.

Sudrajat, R. T., & Wuryani, W. (2019). Model pembelajaran kalimat menggunakan pendekatan kooperatif berbasis karakter di IKIP Siliwangi-Bandung. Semantik. Vol. 8, No. 1. Hal: 29-36.

Sukmawijaya. Suhendar., & Juhanda. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran STEM-PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pad amateri pencemaran lingkungan: BioedUNI: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Vol. 9, No.9

Sularni, Utomo, D.H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 3, No. 4. Hal 475-479.

Susanti. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa pada materi nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 18, No. 1. Hal: 36-42.

Winarti, N. Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8, No. 3.

Winata, K. A. & Hasanah, A. (2021). Implementasi model pembelajaran interaksi sosial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan. Vol. 9, No. 1. Hal: 22- 32.

Winata, K. A., Solihin, I. Ruswandi. U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam dalam pembelajaran PAI melalui model pembelajaran kontekstual. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3, No. 2. Hal: 82-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.