Pengaruh media animasi wujud zat dan perubahannya bermuatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar

Puji Nurdianti, Nur Samsiyah, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media animasi wujud zat dan perubahannya bermuatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan  penelitian kuantitatif eskperimen. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yaitu IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eskperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data menggunakan uji – t, diketahui t = 10,631 dan t = 1,674 dengan tafar signifikansi α= 0,05. Karena nilai t = 10,631 > t = 1,674 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi wujud zat dan perubahannya bermuatan etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV.

Keywords


Media animasi; etnosains; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Alfiana, A., & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5721–5727. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3123

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.5

Nur’azizah, H., Kurnia Jayadinata, A., Gusrayani, D., Studi, P., Upi, K., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI (Vol. 1, Issue 1).

Nursyifah, E. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Pamungkas Alamsyah, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426

Sari, U., Indonesia, M., Zahra, N. A., Sari, E. M., Andini, A., Audina, W., Khotimah, H., & Fitri, N. (2020). Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 5(2). http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT

Suhada, H., Negeri, S. D., & Tanggerang, S. V. (2017). MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 8(2), 13–24. https://doi.org/10.21009/JPD.082.02

Sulistiyowati, Fajrie, N., & Surachmi, S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal on Education, 05(02), 5883–5891.

Suparya, I. K. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJARDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADAPEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR.

Syaflin, S. L. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3003

Syiffa Qolbu, N., Sutisnawati, A., Rizqia Amalia, A., Guru Sekolah Dasar, P., & Muhammadiyah Sukabumi, U. (2022). Pengembangan Media Animus dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Tahun, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4999

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 05, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.