Penerapan model pembelajaran tipe CIRC (cooperative integrated reading composition) berbantuan media ajar animasi untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SDN 02 Klegen

Risma Anggi Nilasari Safitri, Cerianing Putri Pratiwi, Apri Kartikasari H.S

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat baca dalam membaca pada kelas V SDN 02 Klegen. Akibatnya kebanyakan siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM 75) yang telah di tetapkan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui penerapan model CIRC pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) refleksi. Serangkaian kegiatan ini disebut satu siklus. Dalam penelitian ini melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas V SDN 02 Klegen. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. hal ini dapat dilihat pada setiap siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca siswa. Pada pra siklus, sebanyak 15 siswa memiliki keterampilan membaca yang kurang, dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 46%. Namun, pada siklus 1, terjadi peningkatan nilai hasil belajar menjadi 71%. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mencapai 96%, meskipun masih terdapat 1 siswa yang belum mencapai KKM dikarenakan pasif dan pendiam.

Keywords


Model pembelajaran CIRC; keterampilan membaca; media animasi

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250–262. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jpe.V2i2.2723

Asdam, Muhammad. 2016. Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: LIPa.

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT.Rajagrafindo. 2013.

Dino Saputra, “15 Manfaat Membaca Buku”, diakses dari manfaat.co.id/manfaatmembaca-buku, pada tanggal 25 November 2016 pukul 20.15 WITA.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156.

Huda Miftahul. Model-Model Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Pradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Ida Fiteriani, Suarni. 2016. "Model Pembelajaran Kooperatif Dan ImplikasinyaPada Pemahaman Belajar Sains Di SD/MI". Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Volume 3 Nomor 2, 2016.

Lalremruati. 2019. Graphic Novels as Substitutions of Traditional Books to Improve. India’s Higher Education Authority UGC Approved. List of Journals Serial Number 19:1. 1-5.

Nappu, S., & Dewi, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Dedikasi, 21(1). https://doi.org/10.26858/dedikasi.v21i1.9431

Nihayah, Syifauz Zahrotin. 2017. Pengaruh Penggunaan Model CIRC Berbantu Media Cetak Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Kelas IV MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Skripsi FTK UIN Walisongo Semarang. Tersedia dalam eprints.walisongo .ac.id/7649/1/133911075. Diakses pada tanggal 02 Juli 2019.

Pasizaluddin, E. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (cetakan ke). ALFABETA, cv.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA, 2014.

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Subana, Sunarti M. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan. Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ujiati, dkk. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.