Efektivitas penggunaan media kahoot terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA kelas 5 SD Negeri Pilangbango kota Madiun

Bagus Candra Primadian, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Melik Budiarti

Abstract


Banyaknya siswa yang kurang dalam proses pemahaman dan kurang motivasi. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman bagi siswa. Oleh karena itu, inovasi harus dilakukan dengan semakin berkembangnya alat teknologi, peserta didik akan antusias dalam pembelajaran yang berlangsung, pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Salah satu alat pembelajaran yang dikembangkan adalah Aplikasi Kahoot. Kahoot adalah aplikasi online dimana dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran dan setelah itu dapat langsung mengerjakan kuis berupa soal-soal tes dapat dikembangkan dan disajikan dalam format “permainan”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah efektif atau tidaknya media kahoot dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman siswa di SDN Pilangbango Kota Madiun. Metode pelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan model pretest posttest control groub design. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti yakni hasil posttest kelas kontrol yang mencapai rata-rata sekitar 65,1% sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai diatas rata-rata dengan rerata 77.375%. Oleh karena itu media pembelajaran kahoot lebih efektif dibandingkan dengan media gambar dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Keywords


Kahoot; IPA; pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Lutfi, Lutfi, Siska Kusumawardani, Sri Imawati, and Misriandi Misriandi. 2020. “Elvaluasi Pelnggunaan Aplikasi Kahololt Pada Pelmbellajaran Di Selkollah Dasar (Sd) Pada Guru.” Intelrnatiolnal Jolurnal olf Colmmunity Selrvicel Lelarning 4(3): 186–91.

Nurlaella, Nurlaella, and Syahrianti M Nawir. 2020. “Thel Implelmelntatioln olf Kahololt in Improlving Studelnts’ Telnsels Undelrstanding in Highelr Elducatioln.” Intelrnatiolnal Jolurnal folr Elducatiolnal and Volcatiolnal Studiels 2(11): 908–13.

Putra, Aan, and Kelsi Afrilia. 2020. “Systelmatic Litelraturel Relvielw: Pelnggunaan Kahololt Pada Pelmbellajaran Matelmatika.” Jurnal Ilmiah Pelndidikan Matelmatika Al Qalasadi 4(2): 110–22.

Saaman, Rakhmawati. 2022. “Alat Elvaluasi Pelmbellajaran Telmatik Kellas V Sdn Larangan 8.”

Nugraha, Widdy Sukma. 2018. “Pelningkatan Kelmampuan Belrpikir Kritis Dan Pelnguasaan Kolnselp Ipa Siswa Sd Delngan Melnggunakan Moldell Prolblelm Baseld Lelarning.” ElduHumaniolra | Jurnal Pelndidikan Dasar Kampus Cibiru 10(2): 115.

Hilda Olktri Yelni (2020), Upaya Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Dalam Pelmbellajaran Ipa Delngan Melnggunakan Meldia Visual Pada Siswa Kellas Iv Sdn 002 Telbing Kabupateln Karimun Tahun Ajaran 2017/2018

Elkasari, Ni Luh Putu, DB.Kt.Ngr. Smara Putra, and I.B.G. Surya Abadi. 2018. “Pelngaruh Moldell Pelmbellajaran Gelnelratif Belrbasis Lingkungan Telrhadap Kolmpeltelnsi Pelngeltahuan IPA.” Jurnal Ilmiah Selkollah Dasar 2(2): 201.

Purwadelwi, Ratih, and Siti Ruqolyyah. 2021. “Kelmampuan Pelmahaman Pada Matelri Bangun Datar Untuk Siswa Kellas II Di Selkollah Dasar Mellalui Meltoldel Inkuiri Belrbantuan Meldia Kelrtas Lipat.” Colllasel: Crelativel olf LElarning Studelnts Ellelmntary Elducatioln 4(1): 9–15.

Elrina Susanti, Ni Kadelk, Asrin Asrin, and Baiq Niswatul Khair. 2021. “Analisis Tingkat Pelmahaman Kolnselp IPA Siswa Kellas V SDN Gugus V Kelcamatan Cakranelgara.” Jurnal Ilmiah Prolfelsi Pelndidikan 6(4): 686–90.

Irwan, Irwan, Zaky Farid Luthfi, and Atri Waldi. 2019. “Elfelktifitas Pelnggunaan Kahololt! Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa.” Peldagolgia: Jurnal Pelndidikan 8(1): 95–104.

Cahya Kurnia Delwi 2018, Pelngelmbangan Alat Elvaluasi Melnggunakan Aplikasi Kahololt Pada Pelmbellajaran Matelmatika Kellas X

Halimah, Siti. 2021. “Elfelktifitas Pelnggunaan Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Aplikasi Kahololt Dalam Melningkatkan Moltivasi Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Pelndidikan Agama Islam Kellas XI IPS Di Sma Nelgelri 3 Pasuruan.” Jurnal Al-Murabbi 7(1): 20–30.

Ayunda Widanty Zulham 2021, Analisis Pelmanfaatan Aplikasi Kahololt! Dalam Melningkatkan Minat Bellajar Siswa

Nur Hafizah 2021, Pelnggunaan Kahololt Selbagai Meldia Pelmbellajaran Pada Pellajaran Pai Untuk Melningkatkan Pelmahaman Dan Selmangat Bellajar Siswa Kellas X Ipa Ma Sunan Pandanaran Slelman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.