Penggunaan media flashcard Untuk Mengenalkan Anak Usia Dini Pada Matematika Permulaan

Mutiara Eka Nusantari, Elly’s Mersina Mursidik, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pada anak usia dini, kemampuan memahami matematika sejak dini masih tergolong lemah. Karena pembelajaran pada anak usia dini tidak sesuai dengan usia anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan flashcards dalam mengenalkan matematika pada anak usia dini. Metodologi penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penggunaan teknik pencarian literatur, yang digunakan untuk meneliti literatur yang sesuai dengan topik penelitian dari berbagai sumber yang tersedia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga langkah, yaitu. H. Reduksi data, penyajian data, dan validasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan peta dapat membantu anak memahami konsep matematika awal seperti angka dan geometri. Flash card tersebut memiliki gambar bentuk geometri dasar dan angkanya sesuai dengan angka 1-10, sehingga anak dapat mempelajari angka 1-10 dari jumlah keseluruhan bentuk geometri dasar tersebut. Gambar yang ditampilkan pada kartu memori.


Keywords


Anak usia dini; Flashcard; Matematika dasar.

Full Text:

PDF

References


Almohtadi, R., Aldarabah, IT, & Jwaifell, M. (2019). Efektivitas permainan el- ektronik pendidikan dalam mem- peroleh konsep geometri pada anak prasekolah. Penelitian Humaniora Dan Ilmu Sosial, 144–150. https://doi.org/https://doi.org/10.717 6/RHSS

Asmodilasti, A., & S. (2018). Efektivitas Flashcard dalam meningkatkan ket- erampilan kognitif siswa usia 5-6 ta- hun. Kemajuan Dalam Penelitian Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Hu- maniora, 249. https://doi.org/https://doi.org/https:// doi.org/10.2991/secret-18.2018.16

Atmaja, J. R. (2017). Meningkatkan ke- mampuan mengenal geometri me- lalui permainan Dakon pada anak usia 4-5 tahun. Catatan Harian Pe- lita PAUD, 121–134. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.206

Brewer, J. A. (2013). Pengantar Pendidi- kan Anak Usia Dini Prasekolah sampai dengan Pendidikan Dasar Edisi 6. Pearson Education Inc.

Charlesworth, R. (2011). Pengalaman da- lam Matematika untuk Anak Muda. Belajar Cengage.

Charlesworth, R., & Lind, K. (2012). Matematika dan sains untuk anak kecil. Belajar Cengeng.

Fadillah, M. (2017). Game dan game un- tuk anak kecil. Keemasan.

Fitria, A. (2013). Pengenalan dan pem- belajaran matematika pada anak usia dini. Mu’ada: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jsga.v1i2. 675

Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Kewirausahaan Pada Kegiatan Bertani Anak Usia Dini. PAUDIA, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.268 77/paudia.v7i2.3270.

Hapsari, MN, Ilhami, BS, & Agustina, Y. (2019). Geometry Abacus, media pembelajaran mengenalkan bentuk geometri kepada anak kelompok A. Golden Age Journal, 3(01), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.294 08/goldenage.v3i01.1433.

Hewi, L., dan Shaleh, M. (2020). Re- fleksi hasil PISA (program penilaian siswa internasional): upaya pening- katan fokus pada pendidikan anak usia dini. Majalah Emas, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.294 08/jga.v4i01.2018.

Iswanti. (2014). Meningkatkan pema- haman konsep bilangan melalui per- mainan mencocokkan. Jurnal Pen- didikan Anak Usia Dini, 8(2), 391–400.

Jannah, R. (2011). Biarkan anak-anak menikmati matematika dan mata pelajaran sains lainnya. Pers Diva, 26.

Kermani, H. (2017). Permainan matemat- ika komputer dan kondisi untuk meningkatkan pembelajaran berhi- tung pada anak kecil. Jurnal Pem- belajaran Dan Interaksi Malaysia, 14(2), 23–57. https://doi.org/https://doi.org/10.328 90/mjli2017.14.2.2.

Kurniawan, D.E., Dzikri, A., Widyastuti, H., Sembiring, E., & Manurung, R. . (2019). Smart Math: Media pem- belajaran untuk anak prasekolah, berbasis model drill and practice. Jurnal Fisika: Seri Konferensi. https://doi.org/https://doi.org/10.108 8/1742-6596/1175/1/012037

Taghizadeh, M., Vaezi, S., & Ravan, M. (2017). Permainan digital, lagu dan flashcard dan pengaruhnya terhadap pengetahuan kosa kata anak-anak prasekolah Iran. Jurnal Inter- nasional Studi Bahasa Inggris & Penerjemahan, 5(4).

Tohir, M. (2020). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibandingkan ta- hun 2015. https://doi.org/https://doi.org/10.176 05/OSF.IO/8Q9VY

Wahono. (2016). Desain Inovasi Media Flashcard PG PAUD UMSURA- BAYA Siswa mempelajari konsep berhitung bilangan 1-9 pada anak usia dini. Jurnal Pedagogi.

Zed, M. (2014). Metode penelitian per- pustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Mansyur, U. (2018). pembelajaran ino- vatif bahasa Indonesia di sekolah dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.312 27/osf.io/fyr8g

Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik PAUD dalam membangun karakter anak. Majalah Pendidikan Anak, 5(1).

Maulana, R. A. (2019). Matematika un- tuk anak usia dini. IGI PD.

Mirzaqon, T., & Purwoko, B. (2017). Studi literatur tentang teori dan praktek iringan menulis ekspresif. Jurnal UNESA BK, 8(1).

Mulyati, C., Muiz, D.A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan media papan flanel untuk memfasilitasi kemam- puan konseptual anak kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,. https://doi.org/https://doi.org/https:// doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362

Novita, R., Putra, M., Rosayanti, E., & Fitriani, F. (2018). Pembelajaran de- sain dalam pendidikan matematika: Melibatkan siswa usia dini dalam kegiatan geometri untuk meningkat- kan geometri dan penalaran spasial. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1088. https://doi.org/https://doi.org/10.108 8/1742-6596/1088/1/012016

Özçakır, B., Konca, AS, & Arıkan, N. (2019). Pemahaman geometri anak melalui aktivitas digital: kasus ben- tuk geometri dasar. Dalam Interna- tional Journal of Progressive Edu- cation, vol.15 nom. https://doi.org/https://doi.org/10.293 29/ijpe.2019.193.8

Pradana, PH, dan Gerhani, F. (2019). Penerapan media pembelajaran Flashcard untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Jurnal Pendidikan Dan Instruksi. https://doi.org/https://doi.org/https:// doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587

Rahman, T., Sumardi, & Fuadatun, F. (2017). Meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal kon- sep bilangan melalui media Flash- card. Jurnal PAUD Agapedia,. https://doi.org/https://doi.org/https:// doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167

Rejeki, H.I., Hidayah, R., Cendrawati, L., & J. (2018). Meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model mind mapping dengan flashcard. Konferensi Internasional Tentang Sains Dan Pendidikan Dan Teknologi, 247. https://doi.org/https://doi.org/https:// doi.org/10.2991/iset-18.2018.47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.