Penerapan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Ersada Yola Kirana, Candra Dewi, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Membaca adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Melalui membaca siswa dapat memperoleh berbagai ilmu pengetahuan tidak hanya pengetahuan yang berkaitan dengan materi pembelajaran bisa jua di luar materi pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan geraka literasi membaca bagi siswa sekolah dasar di SDN 03 Madiun Lor. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru masih pasif dalam hal menerapkan program literasi membaca siswa. Dalam penerapan literai membaca, bisa dilakukan dengan cara siswa dibimbing untuk membaca setiap hari minimal 155 menit sebelum pembelajaran dimulai. Hasil penelitian menunjukkan dnegan upaya penerapan membabaca 15 ment sebelum pembelajaran, siswa menjadi antusias dan termotivasi untuk lebih meningkatkan minat baca.


Keywords


Membaca, minat, membaca literasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, (2017), Membudayakan literasi dengan program 6M : Jurnal Pendidikan Dasar

Arum Nisma Wulanjani & Candradewi Wahyu Anggraeni, (2019)Proceding of biology education meningkatkn minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagu siswa dasar : jurnal homepage diakses pada tanggal 23 – 12 – 2022 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12305/7374

Batubara & Ariani, (2018) Implementasi program gerakan literasi sekolah dasar negeri gugus sungai mia Banjarmasin : Jurnal pendidikan sekolah dasar

Elita & Supriyanto,( 2019), Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah : Seminar Nasional jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Falistya, R, Beti. I.S, dkk, Penerapan Literasi ains di Kelas IV Sekolah Dasar : jurnal pemikiran dan pengembangan sekolah dasar, diakse pada tanggal 23 – 12 – 2022 https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/15189

Handayani, G, Adisyahputra, A, & Indrayanti, R (2018). Coreelation between integrated science process sklls, and ability to read comprehension to scientific , literacy in biology teachers studets biosfer : “Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 23-32

Hidayah, (2017), Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya : Jurnal Ketahanan Pangan

Kiayi et al.,( 2022), Penerapan Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Wiratsiwi,( 2020), Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Yuriza, P.Eadisyahoutra, A, & Sigit, D.V. (2018) . corelaion between hight order thinking skils and level of inteligence with scientific literacy on junior high school studentd, biodfer : jurnal pendidikan biologu, 11(1), 13-21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.