Efektivitas Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Media Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Banjarejo Kota Madiun

Nia Fitraloka Safitri, Endang Sri Maruti, Vivi Rulviana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan paradigma pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan media Aplikasi Quizizz untuk siswa kelas V di SD Negeri Banjarejo. Desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol nonequivalent adalah metode pilihan untuk penelitian ini. Siswa kelas eksperimen dalam penelitian ini menggunakan paradigma pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan media aplikasi Quizizz sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan pembelajaran tradisional dengan menggunakan media PPT. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas A, B, dan C SD Negeri Banjarejo. Tes dan dokumentasi berfungsi sebagai metode pengumpulan data utama studi. Metode statistik analisis data menggunakan data yang dapat dimanipulasi dan akan menunjukkan korelasi. Statistik Uji-t (Uji-T Sampel Independen) digunakan. Berdasarkan hasil uji T test dan tingkat signifikansi untuk metode PBL menggunakan aplikasi Quizizz dan metode Ceramah menggunakan aplikasi PPT yaitu Sing 0,000 0,05 maka H_1 dapat digunakan untuk menunjukkan adanya perbedaan tingkat Efektivitas Metode PBL di SD Negeri Banjarejo Kota Madiun. Sekolah yang menggunakan Metode Pendekatan (PBL) dengan Media Aplikasi Quizizz yang memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dan metode pengajaran yang lebih efektif.


Keywords


Metode PBL; Aplikasi Quizizz; Tematik.

Full Text:

PDF

References


Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa Madrasah Aliyah As, Penggunaan, adiyah Dapoko Kab Bantaeng Sulawesi Selatan Muhammad Sattar, Fatimah Hidayahni Amin, HjNurdiana MA Nawir Bahasa Inggris As, adiyah Dapoko Kab Bantaeng Sulawesi Selatan, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, and Bahasa Inggris. 2021. ©JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran ©Muhammad Sattar. Vol. 3.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Aliditas Dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kuliah, Mata, and Pengetahuan Bahan Makanan. n.d. Buku Model Problem Based Learning (PBL).

Lumbanraja, L. & Daulay, S. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas Xii Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Banyuwangi: Universitas PGRI Banyuwangi.

Masrinah, Enok Noni, Ipin Aripin, and Aden Arif Gaffar. n.d. PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS.

Nurcahyo, B. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jakarta: Universitas Gunadarma

Pedagogik, Jurnal Riset, Budi Febriyanto, and Ari Yanto. n.d. “DWIJA CENDEKIA Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.”

Pendidikan, Jurnal, Dasar :. Jurnal, Tunas Nusantara, Herlina Pusparani, and M. Pd. n.d. “Herlina Pusparani : Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI Di SDN Guntur Kota Cirebon 269 MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS VI DI SDN GUNTUR KOTA CIREBON.” 2(2):269–79.

Rusmayani. (2019). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Bintang Persada Tabanan-Bali. Bali: Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

Siyoto & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Kediri: Literasi Media Publishing

Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Aceh: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widarto (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Walenta, Rasmin, and Article Info. 2022. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Vol. 1.Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x


Refbacks

  • There are currently no refbacks.